Ada KKN Desa Penari hingga Kematian Sulli, Inilah Pencarian Terpopuler di Google Sepanjang 2019

Ada 9 kategori yang diangkat pada tahun ini yaitu Tren Penelusuran, Tokoh, Kepergian Tokoh, Peristiwa Nasional, Lagu, Apa Itu, Bagaimana Cara, Resep,

google.com
(ilustrasi pencarian Google) Google Doodle memperingati Hari Ayah Nasional, Selasa (12/11/2019) 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Google kembali mengumumkan daftar pencarian terpopuler selama satu tahun terakhir di Indonesia.

Daftar ini dirangkum dalam Year in Search 2019. Head of Marketing, Google Indonesia, Philippines dan NBU Asia Tenggara (SEA), Veronica Utami mengatakan daftar Year in Search 2019 ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran.

Daftar ini menggambarkan topik di Indonesia yang mengalami peningkatan yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Year in Search menunjukkan bahwa 2019 adalah tahun di mana masyarakat Indonesia menaruh perhatian lebih terhadap perubahan dan harapan," ujar Veronica di Jakarta Rabu (11/12/2019).

"Baik perubahan dengan diri sendiri. Mulai dari reaksi dan konsumsi informasi, gaya hidup - hingga sosok yang menginspirasi perubahan," imbuhnya.

Ada 9 kategori yang diangkat pada tahun ini yaitu Tren Penelusuran, Tokoh, Kepergian Tokoh, Peristiwa Nasional, Lagu, Apa Itu, Bagaimana Cara, Resep, dan Film.

Mengapa Orang Percaya Ramalan Zodiak? Ini Penjelasannya Menurut Teori Psikologi

Cara Mudah Mengolah Daging Bebek agar Empuk dan Tidak Bau Amis

Puisi Perpisahan Asmaul Husna, Mahasiswi UIN Makassar yang Tewas Dihabisi Pacarnya dengan Sadis

Beberapa trending di Google sepanjang tahun 2019 yang menggambarkan harapan perubahan Indonesia adalah Pemilihan Umum Presiden, Cara Hidup Sehat, Kepergian tokoh BJ. Habibie, Menteri Nadiem Makarim, BMKG Gempa, hingga RUU KPK.

Selain itu, Veronica mengungkapkan bahwa orang Indonesia semakin berusaha memahami informasi yang mereka terima, dan berharap mengubah situasi menjadi lebih baik.

Hal itu dibuktikan dengan pencarian dari kategori "Apa Itu" yakni cerita seputar KKN Desa Penari, Mukbang, Podcast, Santuy, Ferguso, hingga kata "Bucin".

Terkait pencarian seputar gaya hidup, khususnya hidup sehat, menjadi salah satu yang banyak dicari di tahun 2019.

Halaman
1234
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved