Breaking News:

Putu Supadma Rudana Ingatkan Pemerintah Jangan Kucilkan Kebudayaan

nggota DPR RI Fraksi Demokrat yang juga Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana mengingatkan kepada pemerintah

Tribun Bali/Ragil Armando
Suasana Pagelaran Budaya di Museum Rudana, Ubud, Jumat (20/12/2019) malam. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Anggota DPR RI Fraksi Demokrat yang juga Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana mengingatkan kepada pemerintah agar terus menjaga kebudayaan dengan komitmen yang tinggi.

Menurutnya, kebudayaan merupakan bagian dari alat pertahanan dan pemersatu bangsa.

Bahkan, ia menganalogikan jika kebudayaan sirna maka bangsa ini terbelah.

“Selama ini pemerintah fokus kepada infrastruktur, fokus kepada pembangunan ibukota negara, keberpihakan yang banyak berhubungan dengan pembangunan pilar dan esensi kebudayaan belum maksimal,” ujarnya di sela-sela menghadiri Pagelaran Budaya di Museum Rudana, Ubud, Jumat (20/12/2019) malam.

PSR sapaan akrabnya juga menyoroti rendahnya komitmen pemerintah dalam kebudayaan.

Ia bahkan menyebutkan ajaran Tri Sakti Bung Karno yakni berkepribadian dalam kebudayaan harus landasan pemerintah dalam berbagai kebijakan kebudayaannya.

Suksma Bali Berhasil Kumpulkan 15.571 Kg Sampah, Berikan Penghargaan Pada 12 Tokoh Ini

Kasus Gigitan Anjing Terus Meningkat di Tabanan, Sediakan 6 Pelayanan Siap VAR

"Berdaulat di bidang politik, berdikari dalam ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan. Nah tentu ini menjadi catatan bagi bangsa ke depan untuk mengawal, bukan hanya retorika."

"Saya akan selalu berada di tempat ini (museum dan kebudayaan), saya akan selalu berada di depan. Yang lainnya (jabatan politik dan lainnya) hanya sementara,” ujar Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) ini.

PSR juga mengingatkan bahwa pariwisata Bali yang berfokus pada kearifan lokal budaya harus terus digelorakan.

“Kita ingin bahwa pengabdian kita kepada jati diri. Pariwisata Bali terfokus kepada kearifan lokal, itu sebagai bahan perjuangan kita. Tokoh Bali agar melihat ini, jangan terfokus menjadi rutinitas. Apa yang kita gaungkan itu alat pertahanan bangsa,” tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Ragil Armando
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved