Darurat Virus Corona, Jokowi Telah Beri Perintah Segera Evakuasi WNI di Hubei

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memutuskan untuk segera melakukan evakuasi WNI

Darurat Virus Corona, Jokowi Telah Beri Perintah Segera Evakuasi WNI di Hubei
Twitter/Joko Widodo
Rapat kerja Joko Widodo dengan beberapa menteri dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana di ruang tunggu Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, (30/1/2020). Jokowi memutuskan untuk segera melakukan evakuasi WNI yang berada di Provinsi Hubei, China. Dari pertemuan terbatas ini, saya memutuskan untuk segera mengevakuasi WNI yang berada di Provinsi Hubei, Tiongkok 

TRIBUN-BALI.COM - Wabah virus corona yang telah meluas di 18 negara membuat WHO mengeluarkan deklarasi sebagai kasus ancaman darurat kesehatan global.

Deklarasi tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) World Health Organization (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus di Jenewa, Swiss, (31/1/2020).

Sebelumnya beberapa negara berencana untuk melakukan evakuasi terhadap warga negaranya yang berada di China terutama di wilayah terdampak virus corona.

Negara tersebut di antaranya Indonesia, Korea Selatan, Thailand, Jepang dan belasan negara lainnya.

Pada (29/1/2020), melalui akun Twitter resmi milik TNI Angkatan Udara, militer Indonesia telah menyiagakan 2 unit Boeing B737, 1 unit C130 Hercules, dan Batalyon Kesehatan.

Alutsista dan pasukan tersebut disiapkan untuk melakukan evakuasi WNI di Wuhan, terkait dengan adanya wabah virus corona atau 2019-nCoV.

Kesiapsiagaan TNI AU tersebut telah dirundingkan dan disiapkan berdasarkan hasil rapat bersama Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI.

Presiden Joko Widodo telah perintahkan evakuasi

Dikutip dari Kompas.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memutuskan untuk segera melakukan evakuasi WNI yang berada di Provinsi Hubei, China.

Peintah tersebut dinyatakan oleh sang presiden pada Kamis, (30/1/2020) sebelum lepas landas untuk melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta.

Halaman
123
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved