Breaking News:

Mantan Kepala SMKN Bali Mandara Raih Hadiah Sastera Rancage 2020 Kategori Sastra Bali

Peraih penghargaan Sastera Rancage 2020 untuk kategori sastra Bali Modern merupakan sastrawan Ida Bagus Pawanasuta

Penulis: Putu Supartika | Editor: Irma Budiarti
Foto Prof Dr I Nyoman Darma Putra
Penyerahan Hadiah Sastera Rancage 2020 kepada Ida Bagus Pawanasuta (paling kanan) dan penulis lainnya di Bandung. Mantan Kepala SMKN Bali Mandara Raih Hadiah Sastera Rancage 2020 Kategori Sastra Bali 

Mantan Kepala SMKN Bali Mandara Raih Hadiah Sastera Rancage 2020 Kategori Sastra Bali

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Hadiah Sastera Rancage 2020 telah diumumkan, dan peraih penghargaan ini untuk kategori sastra Bali Modern merupakan sastrawan sekaligus mantan Kepala SMKN Bali Mandara, Ida Bagus Pawanasuta asal Klungkung.

Hadiah Sastera Rancage, merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada penulis yang menulis sastra modern dengan menggunakan bahasa daerah seperti Sunda, Jawa, Batak, Lampung, Madura, maupun Bali, yang diberikan oleh Yayasan Kebudayaan Rancage yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat, yang dibentuk sastrawan Ajip Rosidi.

Pawanasuta meraih penghargaan ini lewat novelet berbahasa Balinya yang berjudul Tresna Tuara Teked atau Kasih Tak Sampai.

Karya setebal 78 halaman ini menuturkan kisah kasih tak sampai dua pasang pemuda karena dua alasan berbeda.

Kisah pertama percintaan antara I Duduk dengan Luh Kinanti yang tidak bersambung karena dipisahkan oleh pendidikan dan karir berbeda kota.

Dan yang kedua kisah kasih tak sampai antara I Made Bungarta dengan Luh Cempaka gagal karena campur tangan negatif kekuatan guna-guna (black magic).

Ayah Bungarta hendak memasang guna-guna pada Cempaka agar mau kasih pada Bungarta, tetapi langkah itu gagal dan justru black magic itu akhirnya menyakiti ayah Bungarta, sedangkan Luh Cempaka yang imun dari serangan black magic akhirnya menjadi dukun sakti.

Hanya Cempakalah yang akhirnya mampu mengobati ayah Bungarta.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved