Sensus Penduduk Online, Begini Langkah-langkahnya, BPS Denpasar Sosialisasi di CFD

Tata cara sensus penduduk online, masyarakat hanya perlu mempersiapkan nomor KTP, Nomor Kartu Keluarga dan atau surat nikah/cerai

Sensus Penduduk Online, Begini Langkah-langkahnya, BPS Denpasar Sosialisasi di CFD
Tribun Bali/Adrian Amurwonegoro
Petugas BPS Kota Denpasar menggelar sosialisasi sensus penduduk online kepada masyarakat di area CFD, Renon, Denpasar, Bali, Minggu (16/2/2020). Sensus Penduduk Online, Begini Langkah-langkahnya, BPS Denpasar Sosialisasi di CFD 

Sensus Penduduk Online, Begini Langkah-langkahnya, BPS Denpasar Sosialisasi di CFD

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Denpasar menggelar sosialisasi sensus penduduk 2020 online di area Car Free Day, Renon, Denpasar, Bali, Minggu (16/2/2020).

Kepala BPS Denpasar Eman Sulaeman mengatakan, sosialisasi ini bertujuan menyukseskan sensus penduduk 2020 online melalui laman sensus.BPS.go.id, yang dilaksanakan 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

Tata cara sensus penduduk online, masyarakat hanya perlu mempersiapkan nomor KTP, Nomor Kartu Keluarga dan atau surat nikah/cerai.

Cakupan sensus penduduk online adalah WNI dan WNA yang telah atau akan tinggal selama minimal 1 tahun di Indonesia.

Data sensus penduduk 2020 ini akan bermanfaat bagi perencanaan pembangunan, baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Dalam sensus penduduk 2020 ada sekitar 19 variabel pertanyaan, pertanyaannya tidak jauh berbeda dengan Kartu Keluarga, fungsinya memperbarui database adminduk.

“Caranya sangat mudah, hanya mengisi nomor KTP, nomor KK, dan kode keamanan, dan mengikuti instruksi saja, kemudian ada sejumlah variabel dalam form dari situs online sensus secara mandiri dan cukup satu orang satu KK, dari sosialisasi ini diharapkan partisipasi masyarakat meningkat, minggu depan kita juga sosialisasi di CFD lagi,” kata Eman kepada Tribun Bali.

Langkah-langkahnya, jika baru pertama kali melakukan akses sensus penduduk online, peserta diminta membuat kata sandi dan memilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai, lalu klik “Buat Password”.

BPS Buka Lowongan Petugas Sensus Penduduk 2020, Minimal Lulusan SMA Sederajat & Waktu Pendaftarannya

Sensus Penduduk 2020 Dimulai, Beberapa Hal Ini Perlu Anda Ketahui

Setelah itu, masukkan kata sandi (password) yang telah dibuat sebelumnya, lalu klik “Masuk”.

Peserta sensus penduduk diminta membaca panduan awal mengenai pengisian sensus penduduk online, lalu klik “Mulai Mengisi” untuk memulai pengisian sensus penduduk online.

Halaman
123
Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved