Gerubug Bah Bedeg, Wabah Mengerikan Pernah Menerjang Bali dan Tercatat dalam Lontar

Menurut budayawan dan pegiat lontar, Sugi Lanus, dulu Bali pernah terpapar atau terkena wabah mengerikan.

Tribun Bali/Rizal Fanany
Gunung Agung saat diabadikan dari Pura Besakih,Karangasem,Jumat (22/9/2017) 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Menurut budayawan dan pegiat lontar, Sugi Lanus, dulu Bali pernah terpapar atau terkena wabah mengerikan.

Menurutnya, wabah tersebut tercatat dalam beberapa lontar.

Salah satunya terekam dalam Geguritan Jayaprana.

“Geguritan ini bukan salah hanya hayalan penduduk dan bukan cerita sebelum tidur biasa. Ini adalah rekaman peristiwa wabah endemik yang sempat menghancurkan kehidupan di masa lalu yang lokasi kejadiannya di desa Kalianget, kecamatan Seririt, Buleleng,” kata Sugi Lanus, Sabtu (21/3/2020).

Menurut Sugi Lanus, tak jauh dari Desa Kalianget, terdapat cerita rakyat tentang asal-usul nama desa Sidatapa yang juga punya kenangan tentang wabah yang menghancurkan desanya.

“Mereka menyebutnya sebagai Gering Gerubug Bah Bedeg. Menurut cerita orang-orang tua ada wabah besar terjadi di desa Sidatapa. Secara temurun dikisahkan dahulunya desa Sidatapa bernama desa Gunung Sari. Cikal-bakalnya ada kelompok keluarga yang terpisah-pisah tinggal di kawasan pedusunan Leked, Kunyit, dan Sengkarung. Ketiganya ini bergabung membentuk desa. Dinamakan Desa Gunung Sari,” imbuhnya.

Tidak dikisahkan setelah berapa tahun kemudian, desa yang tenang ini berubah mencekam.

Namun banyak kematian tiba-tiba dan tak masuk akal yang membuat warga ketakutan.

Kemudian datang seorang pertapa yang membantu dan setelah mendapat petunjuk dari tapanya tersebut akhirnya warga bisa diselamatkan.

“Desa ini kemudian namanya diganti menjadi Desa Sidatapa. Dimaksudkan sebagai desa yang selamat karena seorang pertapa ‘siddha’ (berhasil) melakukan ‘tapa’,” katanya.

Halaman
123
Penulis: Putu Supartika
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved