Bali United

Curhatan Wawan Hendrawan Soal Karier Pemain Sepak Bola: Usia Bukan Jadi Ukuran Mutlak

Kiper senior Bali United Wawan Hendrawan sudah malang melintang dan memiliki segudang pengalaman dalam karier sepak bolanya.

Tribun Bali/Rizal Fanany
Wawan Hendrawan. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, M. Firdian Sani

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kiper senior Bali United Wawan Hendrawan sudah malang melintang dan memiliki segudang pengalaman dalam karier sepak bolanya.

Beberapa klub telah dibelanya mulai dari Persisam Putra, Pelita Jaya, Deltras Sidoarjo, Persiba Balikpapan, Mitra Kukar dan lain-lain termasuk tim yang dibelanya saat ini, Bali United.

Pemain kelahiran Brebes 8 Januari 1983 kini telah berumur 37 tahun, dan tentu itu umur yang tak muda lagi, namun Wawan sendiri menegaskan jika umur bukan menjadi tolak ukur apalagi bagi seorang penjaga gawang.

Dirinya menyebut pemain asal Italia berseragam Juventus, Gianluigi Buffon yang kini menginjak usia 42 tahun sebagai bukti bahwa umur memang bukan menjadi tolak ukur.

Agar Tak Pengaruhi Kesehatan Mental, Perlu Diwaspadai Gejala Kecemasan Selama Mewabahnya Covid-19

Uji Sampel Swab di Denpasar Sudah Dapat Dilakukan Secara Mandiri di RSUP Sanglah

RSUP Sanglah Denpasar Sudah Diizinkan Uji Lab Sampel Swab Covid-19 Secara Mandiri

"Saya rasa usia bukan jadi ukuran mutlak untuk pemain sepak bola. Contoh ada Buffon yang usianya sudah 42 tahun tapi tetap bisa konsisten bermain. Di Indonesia juga ada Christian Gonzales yang sekarang sudah 40 tahun lebih. Jadi saya pribadi belum tahu sampai umur berapa saya akan bermain sepak bola," kata Wawan dikutip laman resmi klub.

Jika dilihat dari performa, Wawan memang masih mumpuni, tak ada tanda-tanda dirinya akan gantung sepatu, bahkan di Bali United dirinya masih menjadi andalan.

Hanya saja usia matang membuat dirinya kini lebih pintar mengatur emosi saat berada di lapangan, hal itu tentu akan menguntungkan dirinya dan tim.

"Justru menurut saya pribadi dan apa yang saya rasakan, kita akan lebih tenang dan menguasai emosi ketika di lapangan. Itu yang paling penting dari seorang penjaga gawang menurut saya. Kalau secara fisik juga menurut saya penjaga gawang tidak seperti pemain di posisi yang lain," papar dia.

Wawan rencananya akan kembali berlatih bersama Skuat Bali United pada 1 April mendatang sesuai arahan sang pelatih. (*)

Penulis: M. Firdian Sani
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved