Corona di Bali

38 Ribu Pelanggan Berhak Nikmati Program Listrik Gratis dan Diskon, Ini Cara Mendapatkannya

38 Ribu Pelanggan Berhak Nikmati Program Listrik Gratis dan Diskon, Ini Cara Mendapatkannya

PLN Bali
Petugas mengecek meteran listrik. 

Kabar Gembira: 38 Ribu Pelanggan Berhak Nikmati Program Listrik Gratis dan Diskon

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN- ebanyak 38 ribu pelanggan Rumah Tangga (R1) daya 450 maupun 900 VA Subsidi di Kabupaten Tabanan berhak mendapatkan program token listrik prabayar dari Pemerintah (PLN). Jumlah tersebut merupakan pelanggan yang sudah terdaftar di Basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Sehingga mereka yang termasuk akan mendapatkan kompensasi tersebut untuk tiga bulan (April, Mei, dan Juni).

Menurut data yang berhasil diperoleh dari PLN Rayon Tabanan, jumlah total warga yang berhak atas program tersebut adalah 38 ribu. Rinciannya, R1 450 VA sekitar 28.000 pelanggan dan R1 900 VA sekitar 10.000 pelanggan.

"Total ada 38 ribu pelanggan yang berhak terhadap program ini," kata Manager PLN Rayon Tabanan, I Ketut Suradhipa, Minggu (5/4).

Dia melanjutkan, program ini diperuntukan untuk tiga bulan ke depan atau mulai bulan April, Mei, hingga Juni. Dan sebelum kebijakan tersebut berlaku, pelanggan masih wajib untuk membayarkan tagihannya. Sebab, tercatat masih ada beberapa pelanggan yang mendapatkan kompensasi ini namun untuk rekening bulan Maret 2020 belum terbayarkan.

"Untuk keringanan atau token gratis ini sudah berlaku sejak awal bulan April ini. Untuk pelanggan prabayar yg berhak mendapatkan kompensasi, untuk penerbitan tokennya dilakukan bertahap sampai tanggal 11 April 2020 mendatang," jelas Suradhipa.

Dia menyampaikan, kemungkinan masih ada beberapa yang belum terbit kode token kompensasinya. Masyarakat diharapkan bersabar untuk mengecek, karena maksimal hingga tanggal 11 April.

"Kami juga sudah sempat sampling ke pelanggan daya R1/450 VA. Dan untuk penerbitan tokennya sudah ada. Kemudian langsung dimasukan sendiri oleh pelanggannya," katanya.

Ada dua langkah yang bisa dilakukan untuk dapat menikmati program ini, yakni melalui WA dan website. Pelanggan hanya tinggal mengirimkan nomer listrik pelanghan ke WA yang sudah disediakan yakni di 08122123123 dan bisa juga mengakses ke website www.pln.go.id. setelah itu pelanggan akan menerima tokennya dan tinggal dimasukan ke rekening masing-masing oleh pelanggan.

Disinggung mengenai ketika ada keterbatasan pelanggan yang belum memiliki alat untuk mengakses kedua cara tersebut, Ketut Suradhipa menyampaikan tak usah khawatir. Akses tersebut bisa dilakukan dengan bantuan kerabat maupun tetangga terdekat yang memiliki fasilitas.

"Untuk sementara, akses yang resmi dengan dua cara tersebut. Jika masih belum memiliki fasilitas (hp misalnya) pelanggan bisa minta bantuan dari tetangga atau saudara terdekat, via whatsapp untuk meminta akses token tersebut. Jika nanti ada info terbaru terkait akses, nanti kami akan sampaikan kembali. Dan kami juga gunakan akses tambahan contact center 123 juga untuk menerbitkan token," jelasnya.(mpa)

Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved