Corona di Bali

DPRD Provinsi Bali Lakukan Sidak di Pelabuhan Gilimanuk, Temukan Banyak Kelemahan Pengawasan

“Kami temukan beberapa kelemahan dalam pengawasan petugas dan hal ini harus segera diperbaiki, mengingat pelabuhan ini sebagai Pintu Gerbang-nya Bali,

Istimewa
Ketua DPRD Provinsi Bali dan Komisi III melakukan sidak di Pelabuhan Gilimanuk terkait pengawasan guna mencegah penyebaran Covid-19, Kamis (16/4/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Kadek Rika Riyanti

TRIBUN-BALI.COM, JEMBRANA - Guna memastikan Pelabuhan Gilimanuk diawasi secara ketat dan tepat, Ketua DPRD Provinsi Bali bersama dengan Komisi III melakukan sidak pada pukul 01.00 dini hari di pintu masuk Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali, Kamis (16/4/2020).

“Kami temukan beberapa kelemahan dalam pengawasan petugas dan hal ini harus segera diperbaiki, mengingat pelabuhan ini sebagai Pintu Gerbang-nya Bali,” ungkap Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bali, IGA Diah Werdhi Srikandi WS, ketika dikonfirmasi Tribun Bali, Kamis (16/4/2020).

Andai Si Rona Bisa Diajak Omong Santai

Update Data Covid-19 Bali, Penambahan 15 Orang, Total Positif 113, Sembuh 32, Masih Dirawat 78  

Hari Ini Penutupan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang Pertama, Kadisnaker Sebut Ada 30 Gelombang

Diah Srikandi menjelaskan, adapun beberapa kelemahan yang ditemukan pihaknya kala sidak itu seperti pemeriksaan kesehatan yang belum berjalan dengan baik sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

“SOP tentang pemeriksaan kesehatan untuk Covid-19 sudah berjalan baik, tapi implementasinya yang tidak maksimal,” kata dia.

Selain itu, ia juga menemukan bahwa pemeriksaan dengan alat deteksi suhu hanya dilakukan oleh satu petugas, di mana setidaknya minimal dua orang karena mengingat terkadang antrean bisa saja menjadi panjang.

Petugas yang bekerja di lapangan juga tidak dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD), padahal mereka sebagai orang yang berisiko terkena virus karena memeriksa banyak orang.

Bupati Anas Salurkan Paket Bantuan ke 250 Pelaku Pariwisata dan Seni Budaya di Banyuwangi

Meski Jalankan Arahan Stay at Home, Pemain Bali United Dias Angga Putra Berlatih Lima Kali Seminggu 

Dokter Konsultan Miracle Aesthetic Clinic Bagikan Tips Atasi Kulit Tangan Kering karena Cuci Tangan

Tak hanya itu, pihaknya pun melihat masih banyak penumpang yang belum memiliki kesadaran diri, terbukti dari masih banyaknya penumpang yang tidak memakai masker.

“Satupun tidak terlihat banner tentang arahan dalam pencegahan Covid-19, dan di tempat cuci tangan semestinya dipasang tentang cara mencuci tangan yang benar dengan sabun,” jelas wakil rakyat Dapil Jembrana itu.

Kelemahan lainnya, Diah Srikandi menyebutkan, tidak diterapkannya social/physical distancing saat penumpang menuju pos pemeriksaan di Pelabuhan Gilimanuk, serta tidak adanya petugas yang mengarahkan mereka ke pos pemeriksaan tersebut.

Diciduk BNN Gianyar, Tukang Ojek Manfaatkan Sosial Distancing untuk Salahgunakan Narkotika

Pemkot Malang Sudah Siap Berlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar, Anggarkan Rp 83,9 Miliar

Masih Sediakan Meja Kursi di Tengah Pandemi, 266 Meja Kursi Pedagang Makanan di Tabanan Disita

Halaman
12
Penulis: Ni Kadek Rika Riyanti
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved