Virus Corona

Pers Asing Soroti Fenomena Minimnya Kasus Covid-19 di Bali Hingga Dampaknya Bagi Pariwisata

Pers asing mulai menyoroti jumlah kasus dan korban meninggal akibat virus corona atau Covid-19 di Bali yang katanya relatif terhitung sedikit

Tribun Bali/Rizal Fanany
Petugas Pantai melarang wisatawan datang ke pantai Kedonganan, Badung, Rabu (15/4/2020). Pantai Kedonganan ditutup untuk sementara untuk mencegah penyebaran virus covid 19 

TRIBUN-BALI.COM, BALI -  Pers asing mulai menyoroti jumlah kasus dan korban meninggal akibat virus corona atau Covid-19 di Bali yang katanya relatif terhitung sedikit bila dibandingkan negara lain. 

Media Asia Times misalnya melaporkan, fenomena di atas disebutnya sebagai 'kekebalan yang misterius'.

Data dari covid19.go.id menyebutkan, hingga Kamis (16/4/2020) Pulau Bali mencatatkan total 113 kasus dengan 2 korban meninggal dan 32 pasien sembuh.

Angka tersebut jauh di bawah total 5.516 kasus dan 496 korban meninggal yang tercatat dari seluruh Indonesia.

Media Asia Times menaruh perhatiannya pada fenomena ini.

Dalam pemberitaan pada Selasa (14/4/2020) berjudul "Bali's Mysterious Immunity to Covid-19", mereka mencantumkan salah satu kesaksian dari warga setempat.

"Saya juga merasa bingung karena itu tidak masuk akal," kata Rio Helmi seorang blogger yang menuliskan kehidupan di sekitar kota pegunungan Ubud.

Asia Times melanjutkan, "juga tidak ada kabar rumah sakit meluap, peningkatan tajam dalam kremasi atau bukti anekdotal lainnya bahwa virus corona menyebar di pulau berpenduduk 4,2 juta jiwa yang mayoritas beragama Hindu, dan ada ribuan warga asing di antaranya."

Media yang berbasis di Hong Kong itu lalu mencontohkan di desa pesisir Pererenan lokasi selancar yang populer di ujung utara jalur wisata Bali, belum memiliki kasus Covid-19 menurut penduduk setempat.

"Desa-desa terdekat lainnya juga tampaknya bebas dari virus," tulis Asia Times menambahkan.

Halaman
12
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved