Corona di Bali

Pemkab Klungkung Akan Gelar Upacara Pemayuh Alit untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Pemerintah Kabupaten Klungkung akan menyelenggarakan upacara yadnya Guru Piduka diseluruh kecamatan di Kabupaten Klungkung, Bali.

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Rapat kecil dilaksanakan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta bersama para Camat dan Kepala Bagian Kesra di rumah jabatan Wakil Bupati Klungkung, Sabtu (18/4/2020). Rapat ini untuk membahas Upacara Pemayuh Alit. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Ditengah berbagai upaya yang sudah dilakukan dalam memerangi penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten Klungkung kali ini akan menyelenggarakan upacara yadnya Guru Piduka diseluruh kecamatan di Kabupaten Klungkung, Bali.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 lantas menunjuk Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta sebagai koordinator upacara yadnya ini.

Rapat kecil dilaksanakan Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta bersama para Camat dan Kepala Bagian Kesra di rumah jabatan Wakil Bupati Klungkung, Sabtu (18/4/2020).

Hingga April 2020, Sekitar 150 Karya Telah Diciptakan Melalui Wajah Plastik

Warga RT di Banyuwangi Gotong Royong Bantu Warganya Terimbas Covid-19 

5 Zodiak yang Selalu Hadapi Masalah dengan Tersenyum, Apa Zodiakmu Diantaranya ?

"Selain menggunakan upaya secara sekala atau keduniawian, atas seijin Ketua Gugus Tugas, Pemkab Klungkung juga akan melakukan upaya niskala melalui upacara yadnya guru piduka. Upacara persembahan ini dilakukan dengan penuh ketulusan, keikhlasan dan cinta kasih kepada Tuhan dan Ida Bhatara sesuhunan yang berstana di masing masing Pura. Serta memohon supaya Covid-19 dihentikan penyebarannya dan dihilangkan dari muka bumi," ujar Wabup Kasta yang juga seorang penekun spiritual, Minggu (19/4/2020)

Upacara yang diberi nama Pemayuh Alit ini akan digelar bertepatan dengan rahina Tilem Buda Pon Medangkungan, pada hari Rabu (22/4/2020) pukul 11.00 Wita dan berakhir sebelum pukul 12.00 Wita.

Upacara ini juga diselenggarakan bersamaan dengan upacara Nunas Ica Peneduh Bumi yang akan diselenggarakan di seluruh desa adat di Bali.

Di Kecamatan Nusa Penida upacara akan digelar di Pura pelinggih Ida Ratu Mas Mecaling, di Kecamatan Dawan mengambil tempat di Pura Agung Goa Lawah, di Kecamatan Klungkung bertempat di Pura Watu Klotok sedangkan di Kecamatan Banjarangkan dipusatkan di Pura Agung Kentel Gumi.

Seluruh rangkaian Upacara akan dibiayai oleh Pemkab Klungkung.

Sarana banten yang akan dihaturkan di masing-masing Pura berupa Pejati, Ajengan Tipat Kelan, Sayut Guru Piduka, Sayut Gering Melaradan, Sayut Sapulara Melaradan, Wong Wongan Brumbun dan Segehan Brumbun dengan dipuput oleh Jero Mangku masing-masing pura.

Mengingat adanya himbauan Social Distancing, maka peserta upacara hanya Camat dan unsur Muspica di masing-masing kecamatan. (*).

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved