Breaking News:

Corona di Bali

Hardiknas 2020 Angkat Tema Belajar dari Covid-19

IKN Boy Jayawibawa mengatakan bahwa masyarakat kini mesti segera melakukan penyesuaian atas konsep-konsep pembelajaran sebagaimana masa-masa Covid-19

Penulis: Ni Kadek Rika Riyanti | Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Tribun Bali/Ni Kadek Rika Riyanti
Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali KN Boy Jayawibawa. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Kadek Rika Riyanti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani, di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan.

Itulah semboyan Ki Hadjar Dewantara salah satu tokoh ikonik di dunia pendidikan Indonesia, yang hingga kini dikenal pula sebagai slogan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Memiliki makna ‘dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan’, Tut Wuri Handayani dicantumkan menjadi semboyan untuk menghargai dan sebagai penghormatan terhadap Alm. Ki Hadjar Dewantara atas jasanya bagi generasi penerus di dunia pendidikan.

Oleh sebab itu, hari kelahirannya ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya.

Diumumkan Online, 5.872 Siswa SMA di Denpasar Dinyatakan Lulus 100 Persen  

Masuk Angin Dapat Menjadi Pintu Masuk Gangguan Kesehatan Lainnya, Apa Saja Itu ?

Kabar Duka, Eks Basis Dewa 19 Erwin Prasetya Meninggal Dunia

Umumnya, untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, akan digelar upacara bendera di setiap sekolah dan instansi terkait, tidak sedikit juga yang mengadakan lomba-lomba akademik maupun non-akademik.

Sayangnya, di tengah mewabahnya Pandemi Covid-19, Kemendikbud telah mengeluarkan surat Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 yang salah satu poinnya berbunyi agar semua jenjang pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta perwakilan Republik Indonesia di luar negeri meniadakan kegiatan/aktivitas peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 yang mengakibatkan berkumpulnya orang banyak pada suatu lokasi.

Melalui Hardiknas 2020, sesuai tema yang diangkat tahun ini ‘Belajar dari Covid-19’, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) IKN Boy Jayawibawa mengatakan bahwa masyarakat kini mesti segera melakukan penyesuaian atas konsep-konsep pembelajaran sebagaimana masa-masa Covid-19.

“Kita semua disadarkan untuk bersegera melakukan penyesuaian atas konsep-konsep pembelajaran yakni penyesuaian kurikulum yang lebih sesuai dengan tantangan pembelajaran sebagaimana masa-masa pandemi ini,” ujar Boy, saat dimintai keterangan, Sabtu (2/5/2020).

Menurutnya, dampak virus korona di dunia pendidikan dituntut lebih berinovasi ditengah minimnya koneksi internet yang dibutuhkan dalam konsep belajar secara daring.

Karenanya, pihaknya berharap pandemi ini segera berakhir agar kegiatan belajar-mengajar (KBM) di sekolah dapat kembali normal.(*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved