Tut Wuri Handayani, Semboyan Terkenal Ki Hajar Dewantara, Ini Dua Semboyan Lainnya dan Maknanya

Semboyan Tut Wuri Handayani ini selain dicantumkan di lambang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, juga disematkan dalam logo sekolah

Editor: Kambali
generasipandai.com
Ki Hajar Dewantara 

TRIBUN-BALI.COM - Semboyan terkenal dari Ki Hajar Dewantara pada bagian terakhir yaitu kalimat Tut Wuri Handayani, ini dua lainnya berikut maknanya.

Hari ini, Sabtu 2 Mei adalah peringatan Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas). Peringatan Hardiknas sangat berkaitan dengan sosok Ki Hajar Dewantara yang terkenal dengan semboyan Tut Wuri Handayani.

Semboyan Tut Wuri Handayani ini selain dicantumkan di lambang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, juga disematkan dalam logo sekolah.

Deretan Fakta Menarik Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara adalah Bapak Pendidikan Indonesia.  Lembaga pendidikan milik Ki Hajar Dewantara yang terkenal yakni Taman Siswa. Tahun ini, Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas 2020 mengangkat tema “Belajar dari Covid-19”.

Selain memublikasikan logo resmi Hardiknas 2020, Kemendikbud juga mengeluarkan Pedoman Penyelenggaraan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020.

Dalam pedoman tersebut Kemendikbud mengimbau setiap satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta perwakilan Republik Indonesia di luar negeri tidak mengadakan aktivitas peringatan Hardiknas 2020 yang mengakibatkan berkumpulnya orang banyak pada suatu lokasi.

Hardiknas, Kenapa Tanggal 2 Mei?

Melansir dari wikipedia.org Hari Pendidikan Nasional, disingkat Hardiknas, adalah hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hajar Dewantara.

Ki Hajar Dewantara merupakan tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa, diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya.

Sejarah Hardiknas

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hajar Dewantara.

Peringati Hardiknas, Menteri PPPA Ajak Guru Hadirkan Sistem Pendidikan Aman & Nyaman Bagi Anak

Ia juga ditetapkan sebagai pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia.

Ki Hajar Dewantara lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era kolonialisme Belanda.

Ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved