Cuti Bersama Lebaran Dibatalkan, Terpaksa Deh Masuk Kerja

Tadi rapat menetapkan tanggal 22 Mei tahun 2020 bukan hari cuti bersama untuk ASN dan pegawai BUMN.

Ihsanuddin
Muhadjir Effendy 

Cuti Bersama Lebaran Dibatalkan, Terpaksa Deh Masuk Kerja

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Pemerintah telah memutuskan 22 Mei 2020 bukan hari cuti bersama untuk pegawai aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Tadi rapat yang juga singkat menetapkan tanggal 22 Mei tahun 2020 bukan hari cuti bersama untuk ASN dan pegawai BUMN," ujar Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kamis (21/5/2020).

Para pegawai ASN dan BUMN menurut Muhadjir tetap masuk kerja seperti biasanya. Cuti bersama diganti pada akhir Desember 2020 mendatang.

Masyarakat Jangan Terima Tamu Saat Lebaran, Menag Ajak Tetap Bahagia

Jumlah Pasien Covid-19 Melonjak, RS Darurat Wisma Atlet Siapkan Tower Tambahan

Pemenang Lelang Motor Jokowi Takut Ditagih, Mengira Dia Menang Hadiah

"Untuk pegawai-pegawai ASN dan BUMN tetap masuk seperti biasa. Tidak ada cuti, jadi cuti diganti hari yang lain. Mengenai cuti bersama dalam rangka hari raya Idul Fitri belum ada perubahan, tetap yaitu digeser pada 28, 29, 30, dan 31 Desember," katanya.

Dalam rapat internal tersebut, Presiden menurut Muhadjir memberikan catatan bahwa apabila pada Juni mendatang penyebaran Covid-19 menurun maka ada kemungkinan cuti bersama dimajukan.

"Bapak presiden beri catatan nanti pada akhir Juni akan diadakan pengkajian ulang kalau memang Covid-19 sudah turun, sudah tidak lagi mengancam, sangat dimungkinkan untuk memajukan cuti bersama berhimpitan dengan Idul Adha yaitu 31 Juli 2020, bisa sebelum atau setelah," ujarnya.

Muhadjir mengungkapkan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pada akhir Juni akan dilakukan evaluasi tentang kebijakan cuti bersama.

Apabila penularan Covid-19 di Indonesia sudah menurun, cuti bersama dapat digeser bersamaan dengan Hari Raya Idul Adha.

Kelas BPJS Kesehatan akan Dihapus, Begini Kekhawatiran Peserta

Terkait Perbudakan ABK, Bareskrim Polri Bidik Tiga Korporasi Ini

Pertama Kali Dalam Sejarah, Singapura Vonis Hukuman Mati Melalui Zoom

"Bapak Presiden sudah memberikan catatan nanti pada akhir Juni akan diadakan pengkajian ulang. Kalau memang Covid-19 sudah turun, sudah tidak mengancam, sangat dimungkinkan untuk memajukan libur cuti bersama berhimpitan dengan Hari Idul Adha, yaitu tanggal 31 Juli 2020," tutur Muhadjir.

Pelaksanaan cuti bersama ini dapat dilaksanakan sebelum atau sesudah Idul Adha. Tergantung dengan perkembangan pandemi corona di Indonesia. (.)(.)

Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved