Corona di Bali

Aparat Desa dan Kelurahan di Buleleng Diberikan APD

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng akan memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk aparat desa dan kelurahan di Buleleng

Istimewa
Foto: Kepala Pelaksana BPBD Buleleng, Ida Bagus Suadnyana menunjukan APD yang akan diberikan untuk aparat desa dan kelurahan di Buleleng, Jumat (29/5/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng akan memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk aparat desa dan kelurahan di wilayah Buleleng, Bali.

APD ini diberikan sebagai upaya keamanan bagi aparat di desa/kelurahan apabila terdapat warga yang terpapar Covid-19 di wilayahnya.

Kepala Pelaksana BPBD Buleleng, Ida Bagus Suadnyana pada Jumat (29/5/2020) mengatakan, masing-masing desa dan kelurahan akan menerima lima buah APD, yang terdiri dari baju hazmat suit, sepatu boots, sarung yangan, face shield dan kacamata google.

Saat ini, kata Suadnyana, pihaknya masih menunggu disposisi dari Bupati Buleleng.

Melihat Kedekatan Aurel dan Atta Halilintar, Ini Respons Anang dan Ashanty

Demi Cegah Covid-19, Korea Utara Ancam Tembak Warga China yang Langgar Perbatasan

Jasa Raharja Bali Apresiasi Petugas Pos Pengaman dan Penyekatan PAM Lebaran 1441 H

Bila disposisi itu sudah turun, maka APD akan langsung didistribusikan.

Mantan Kepala Satpol PP Buleleng ini menyebut, wilayah pertama yang akan didistribusikan adalah Kecamatan Tejakula, yang menjadi wilayah zona merah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Kemudian menyusul ke kecamatan-kecamatan lain.

"APD ini kami berikan sebagai upaya keamanan bagi aparat di desa dan keluarahan apabila terdapat warganya yang terpapar Covid-19. Sebagai antisipasi jika terdapat warga yang meninggal dan dicurigai terpapar virus Corona. APD ini juga akan kami berikan kepada para Babinsa dan Babinkamtibmas di semua desa/kelurahan masing-masing satu buah," terang Suadnyana.

Jika saja, aparat di desa dan kelurahan masih membutuhkan APD tambahan, Suadnyana menyebut, aparat bisa melakukan koordinasi dengan camat setempat.

Sehingga camat lah yang selanjutnya akan melaporkan ke BPBD dan diteruskan ke Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Buleleng untuk penambahan APD.

"Saat ini persediaan APD untuk tenaga medis cukup. Sepanjang stok di kami juga masih ada, tentu APD akan langsung kami distribusikan kepada aparat desa/kelurahan yang ada di Buleleng," jelasnya.

Sementara terkait cairan disinfektan yang digunakan untuk menyemprot pemukiman warga, aparat desa/kelurahan, kata Suadnyana bisa mengambilnya langsung di Kantor BPBD Buleleng.

“Begitu juga dengan kebutuhan hand sanitizer dan vitamin. Sesuai arahan Pak Sekda selaku Sekretaris GTPP Covid-19, jika terdapat SKPD yang membutuhkan dapat langsung diberikan,” tutupnya. (*).

Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved