Breaking News:

Perda RTRW Bali Diubah, Walhi Bali Nyatakan Protes ke Pemprov dan DPRD Bali 

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Bali menyatakan protes atas diubahnya Peraturan Daerah No 16 Tahun 2009 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah

Tribun Bali/I Wayan Erwin Widyaswara
Walhi Bali menggelar jumpa pers. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Bali menyatakan protes atas diubahnya Peraturan Daerah No 16 Tahun 2009 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Bali Tahun 2009-2029.

Walhi Bali menilai ada udang  di balik batu dengan diubahnya Perda RTRW Bali tersebut.

"Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2009 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Bali Tahun 2009-2029 telah resmi berlaku.  

Atas hal tersebut, WALHI Bali mengajukan protes," kata Direktur Walhi Bali, I Made Juli Untung Pratama melalui siaran Persanya, Sabtu (30/5/2020)

Menurut pria yang akrab disapa Topan ini, diubahnya Perda RTRWP Bali tidak memenuhi asas keterbukaan sebagaimana yang diatur dalam Pasal 5 huruf g Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan. 

Dalam pasal tersebut, diatur bahwa asa pembentukan peraturan perudang-undangan salah satunya harus tunduk pada asas keterbukaan. 

" asas keterbukaan' adalah bahwa dalam Pembentukan Peraturan Perundang-undangan mulai dari perencanaan, penyusunan, pembahasan, pengesahan atau penetapan, dan pengundangan bersifat transparan dan terbuka. Dengan demikian, seluruh lapisan masyarakat, mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk memberikan masukan dalam Pembentukan Peraturan Perundang-undangan," kata Topan.

Namun, lanjut Topan, fakta yang terjadi adalah WALHI Bali tidak pernah tahu proses diubahnya Perda RTRWP Bali, bahkan WALHI Bali tidak pernah tahu draft materi muatan yang diubah dalam Perda tersebut.

Walhi juga menyentil DPRD Bali yang tak ubahnya seperti DPR RI yang suka bermain senyap dalam urusan pembentukan peraturan perundang-undangan.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved