Corona di Bali

Transmisi Lokal di Klungkung, Menantu Tularkan COVID-19 ke Mertua dan Anak

Transmisi Lokal di Klungkung, Menantu Tularkan COVID-19 ke Mertua dan Anak

Pixabay
Update Corona di Bali 8 April 2020: Positif Covid-19 Jadi 49 Orang, PDP 215 Orang, Sembuh 19 Orang  

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA- Beberapa orang pecalang sedang berjaga di depan sebuah rumah di Kelurahan Semarapura Kelod, Klungkung, Senin (1/6).

Di rumah tersebut, beberapa warga harus diisolasi karna 4 orang anggota keluarganya dinyatakan positif COVID-19. Dengan kasus tersebut, kembali terjadi transmisi lokal COVID-19 di Klungkung.

"Kali ini seorang dokter residen, beserta 3 orang keluarganya dinyatakan positif COVID-19. Mereka saat ini sudah dirawat di RSUP Sanglah," ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 di Klungkung I Nyoman Suwirta.

Ia menjelaskan, dokter residen yang positif COVID-19 itu merupakan spesialis paru yang bertugas di RSUP Sanglah. Ia kerap menyambangi keluarganya yang tinggal di Klungkung.

" Dokter residen ini kerap menyambangi keluarganya ke Klungkung. Karena dokter itu dinyatakan positif, lalu dilakukan penelusuran dan SWAB. Hasilnya kedua mertua dan anak dari dokter di Klungkung juga positif COVID-19. Mereka terinfeksi COVID-19 dengan tanpa gejala," jelasnya, Senin (1/6).

Mertua dari dokter tersebut yang terinfeksi COVID-19, merupakan seorang pensiunan pejabat di lingkungan Pemkab Klungkung serta seorang guru. Sementara anaknya yang tertular COVID-19 juga diketahui masih balita berusia dibawah 1 tahun.

"Dinas Kesehatan terus melakukan penelusuran terkait kontak dari keluarga tersebut. Kami tidak ingin transmisi lokal ini berkembang di Klungkung," tegas Suwirta.

Anggota keluarganya yang lain dan sempat kontak dengan pasien positif COVID-19 itu, semuanya tengah diisolasi mandiri di rumah mereka yang berada di lingkungan mereka di Kelurahan Semarapura Kelod.

Mereka untuk sementara waktu dibatasi aktifitasnya, untuk mengantisipasi penyebaran transmisi lokal.(*)

" Besok kami juga akan serahkan bantuan ke anggota yang sedang diisolasi di rumah itu, karena sementara aktivitas mereka keluar rumah harus dibatasi," tegas Suwirta. (Mit)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved