Corona di Bali

Pangdam IX/Udayana Persiapkan Sejak Dini Transisi Masa New Normal Kepada Jajaran

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., memberikan pengarahan langsung kepada para anggotanya di Kodim 1623/Karangasem

Dok. Pendam IX/Udayana
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., memberikan pengarahan langsung kepada para anggotanya di Kodim 1623/Karangasem, pada Selasa (9/6/2020). 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Meskipun belum ada kebijakan New Normal di Bali, namun sejumlah hal terkait masa transisi telah dipersiapkan sedini mungkin oleh Kodam IX/Udayana.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., memberikan pengarahan langsung kepada para anggotanya.

Seperti terlihat dalam aktivitas Pangdam di Kodim 1610/Klungkung dan Kodim 1623/Karangasem, pada Selasa (9/6/2020).

"Pada saat nanti ada kebijakan New Normal dari Gubernur, diharapkan kepada anggota agar benar-benar memahami kebijakan tersebut supaya dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat, dengan upaya koordinasi bersama instansi terkait dan laksanakanlah tugas ini dalam bentuk organisasi gugus tugas," pesan Pangdam

Nagisa Bali Group Rutin Menghadirkan Kegiatan Charity, Kini Masuki Acara yang Kelima Kalinya

Ramalan Zodiak Karier 10 Juni 2020, Leo Jangan Ragu, Sagittarius Tetap Fokus dan Jaga Konsentrasi

Apa yang Hendrik Pelajari dari Belajar Hidup? Ini Jawaban Belajar dari Rumah TVRI Kelas 4-6 SD

Saat berkunjung di dua Kodim tersebut, Pangdam juga mendengarkan paparan langsung dari Dandim terkait situasi terakhir Pandemi Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

Menurutnya, cara kerja dalam pendataan klaster penyebaran Covid-19 di wilayah sudah cukup bagus.

Jajaran dianjurkan untuk tetap mengikuti setiap perkembangan yang ada dengan melakukan pemetaan dan memantau siklusnya secara terus menerus guna efektifitas kinerja di lapangan.

"Kita jangan bekerja sendiriā€sendiri, tetapi kita bekerja atas nama gugus tugas yang idealnya dikomandoi oleh Kepala Daerah setempat. Pastikan ada surat tugas dari Kepala Daerah sebagai landasan hukum kita bekerja," jelas dia.

Pangdam menyampaikan, bahwa skenario mekanisme penanganan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sudah berjalan dengan baik, hal itu terlihat dari grafik perkembangan dan penyebaran Covid-19 yang dapat dijadikan sebagai acuan masyarakat untuk mendukung kebijakan pemerintah.

Kedatangan Pekerja Migran masih menjadi fokus utama agar dipetakan dan benar-benar dipantau, serta adakan tracking untuk mencegah penyebarannya sedini mungkin.

"Hal itu perlu kita pikirkan kedepan, apabila ada PMI yang positif. Untuk data PMI Bali, jumlahnya mencapai puluhan ribu dan saat ini masih ada sekitar 5.000 yang belum kembali," tegas dia.

Adapun dalam Kunjungan Kerja Pangdam tersebut mengacu pada anjuran protokol kesehatan seperti pemeriksaan suhu tubuh dan membasuh tangan dengan handsanitaizer.

Turut serta dalam rombongan Pangdam antara lain Waas Intel Kasdam IX/Udayana, Waas Ops Kasdam lX/Udayana, Kasmin Pangdam IX/Udayana berserta para pendamping lainnya.(*).

Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved