Corona di Bali

Destinasi Wisata Masih Ditutup, Wisatawan Ditolak Saat Hendak Menyebrang ke Nusa Penida

Ia menjelaskan, wisatawan asing tersebut ditolak menyebrang ke Nusa Penida karena destinasi wisata di Nusa Penida masih ditutup.

Istimewa
Suasana di Pelabuhan Tribhuana Desa Kusamba, Klungkung, Rabu (3/6/2020). Penyedia jasa penyebrangan ke Nusa Penida tengah melakukan persiapan untuk kembali beroperasi. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Setelah operasional pelabuhan tradisional dibuka, masyarakat maupun beberapa wisatawan mulai antusias untuk menyebrang ke Nusa Penida.

Hanya saja karena persyaratan yang ketat, petugas pelabuhan sempat menolak warga, bahkan beberapa orang asing untuk menyebrang ke Nusa Penida.

Kadishub Klungkung I Nyoman Sucitra menjelaskan, hingga Kamis (11/6/2020) pagi, pihaknya sudah menolak 5 orang untuk menyebrang ke Nusa Penida. Hal ini karena mereka tidak lengkap dengan persyaratan, yakni membekali diri dengan surat rapid /swab test dengan hasil non reaktif atau negatif COVID-19.

Update Covid-19: Transmisi Lokal di Bali 342 Kasus, Kemarin Indonesia Tambah 1.241 Kasus Positif

"Tiga orang yang kami tolak menyebrang itu, warga ber-KTP di luar Klungkung. Mereka katanya hendak bersembahyang ke Nusa Penida. Sementara sisanya ada 2 orang wisatawan asing yang kami tolak ke Nusa Penida," ungkap Sucitra.

Ia menjelaskan, wisatawan asing tersebut ditolak menyebrang ke Nusa Penida karena destinasi wisata di Nusa Penida masih ditutup.

Sebelumnya Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta kembali membuka operasional pelabuhan di pesisir Desa Kusamba.

Hanya saja situasi pandemi seperti saat ini, membuat pemerintah memperketat protokol penyebrangan ke Nusa Penida dan sebaliknya.

Bagi warga ber-KTP non Klungkung, harus menunjukan surat  rapid /swab test dengan hasil non reaktif atau negatif COVID-19.

"Apa yang kami lakukan ini bukanlah semata-mata untuk kepentingan di pemerintah daerah, tetapi ini untuk kepentingan bersama dan keselamatan bersama dalam rangka memutus penyebaran Covid-19,” ujarnya. 

Syarat Menyebrang

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved