Peserta BPJS Kesehatan yang Kena PHK Ternyata Bisa Masuk Penerima Bantuan Iuran

Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma'ruf mengakui memang ada perpindahan data dari peserta BPJS Kesehatan yang terkena PHK.

shutterstock
Kartu BPJS Kesehatan 

TRIBUN-BALI.COM - JAKARTA - Maraknya kasus pemutusan hubungan kerja (PHK) selama pandemi Covid-19 membuat para peserta BPJS Kesehatan juga berpindah golongan kelas kepesertaan.

Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma'ruf mengakui memang ada perpindahan data dari peserta BPJS Kesehatan yang terkena PHK.

Menurut Iqbal, dalam ketentuan yang ada, peserta yang terkena PHK dimungkinkan untuk dimasukkan dalam segmen Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK).

"Secara data memang ada perpindahan data dari peserta yang terkena PHK, dan dalam ketentuan kan dimungkinkan untuk dapat dimasukkan dalam segmen PBI-JK. Regulasi mengatur demikian," jelas Iqbal saat dihubungi Kontan.co.id pada Kamis (18/6/2020).

Ini Penjelasan RSUD Wangaya Tentang Beredarnya Isu Wakil Wali Kota Denpasar Positif Covid-19

Pemkab Badung Jaga Lingkungan, Giri Prasta Simbolis Tanam Pohon Tabebuya 

Kucing Emas Langka yang Terjerat Perangkap Babi Sudah Mati Dikerubungi Lalat, Ini Penjelasan BKSDA

Namun Iqbal juga menambahkan dapat dimungkinkan jika peserta kembali bekerja maka dapat kembali menjadi peserta Pekerja Penerima Upah (PPU).

Ada sekitar 400.000 peserta ter PHK yang tercatat pindah kepesertaan di BPJS Kesehatan. Menurut Iqbal, mereka masuk dalam skema Penerima Bantuan Iuran (PBI).

"Sekitar 400.000-an ditanggung pemerintah dalam skema PBI," imbuh Iqbal.

Dikutip dari data website resmi BPJS Kesehatan per 18 Juni 2020, tercatat untuk peserta program JKN skema PBI APBN ada 95.897.122, sedangkan peserta dengan skema PBI ABPD ada 34.216.520.

Adapun peserta PPU-PN ada 17.727.915, lalu PPU-BU ada sekitar 37.613.893, kemudian PBPU-Pekerja mandiri ada 30.189.487, dan peserta Bukan Pekerja 5.042.330. (*)

Artikel ini telah tayang di Kontan.id dengan judul "Ternyata, peserta BPJS Kesehatan yang terkena PHK bisa masuk penerima bantuan iuran"

Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved