Corona di Bali

Soal Re-Opening Pariwisata Bali, Bupati Tabanan Tunggu Keputusan Gubernur

Meskipun begitu, saat ini untuk DTW di Kabupaten Tabanan sudah dinyatakan siap dengan protokol kesehatan jika nantinya akan dibuka.

Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Suasana di DTW Ulundanu Beratan, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Jumat (19/6/2020). DTW di Tabanan telah dinyatakan siap dibuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti masih menunggu keputusan terkait adanya rencana penerapan New Normal dengan membuka pariwisata di Bali untuk wisatawan lokal.

Meskipun begitu, saat ini untuk DTW di Kabupaten Tabanan sudah dinyatakan siap dengan protokol kesehatan jika nantinya akan dibuka.

"Kita masih tunggu keputusan Gubernur dan seluruh kepala daerah dulu. Kalau sudah siap, Tabanan juga akan ikut membuka sesuai protokol kesehatan. Apalagi Tabanan sudah melakukan persiapan-persiapan menghadapi new normal," ujar Bupati Eka.

Kepala Dinas Pariwsata Tabanan, I Gede Sukanada mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu keputusan pimpinan dan melihat perkembangan situasi di lapangan.

Diduga sebagai Mata-mata dan Curi Rahasia Negara, China Jebloskan 2 Warga Kanada ke Penjara

Beredar Bocoran Desain, Spesifikasi dan Harga iPhone 12 Terbaru, Simak Informasinya

Rapid Test Gratis bagi Awak Kendaraan Logistik Hanya Diberikan Saat Suasana Mudik Hari Raya

Namun, sebelumnya pihak Dinas Pariwisata sudah melakukan koordinasi dan pengecekan ke daerah tujuan wisata di Tabanan.

"Kami tetap mengacu pada keputusan Gubernur Bali dan Bupati Tabanan. Terlebih kurva covid dalam kondisi naik saat ini, sehingga kita konsen untuk itu (penanganan). Terlebih lagi bagaimana kondisi di lapangan tentunya menjadi pertimbangan," jelasnya.

Sementara itu, Manager Operasional DTW Ulundanu Beratan, I Wayan Mustika menyatakan pihaknya sudah melakukan persiapan menyambut New Normal.

Sejumlah persiapan seperti penyediaan tempat cuci tangan, thermo gun, masker, hingga hand sanitizer juga sudah disiapkan untuk nantinya digunakan saat pariwisata mulai dibuka.

"Hanya saja kami masih menunggu kepastian dari dibukanya pariwisata tersebut. Kami sudah siap buka dengan protokol kesehatan," jelasnya.

Dia melanjutkan, jika semisalnya pada 9 Juli mendatang resmi dibuka, pihaknya juga akan memberikan diskon tiket masuk hingga diskon harga makanan di restoran yang tersedia di obyek wisata uang terletak di Kecamatan Baturiti tersebut.

"Kita juga sudah rancang akan ada diskon tiket masuk 10-20 persen lah, tapi kami masih terus kaji dulu. Kemudian juga nanti akan menawarkan paket, seperti berkunjung ke DTW Ulundanu Beratan bisa langsung makan di restoran setempat dengan harga yang ditentukan nantinya. Intinya kita akan terapkan diskon dulu selama beberapa bulan ke depan ini jika benar akan dibuka," tuturnya.

Bagaimana jika batal dibuka?

Wayan Mustika mengaku sudah memiliki alternatif yakni dengan membuka rest area bagian depan serta para pedagang.

Yang dibuka hanyalah para pedagang bukan pariwisata. Sehingga diharapkan dengan begitu ada perputaran roda ekonomi di masyarakat.

Ramalan Zodiak Cinta 20 Juni 2020: Hati-hati Libra, Seseorang Mencoba Merusak Hubunganmu!

Ramalan Zodiak Cinta 20 Juni, Hubungan Gemini Tidak Stabil, Kehidupan Cinta Leo Semakin Berkembang

Drama Korea Dituduh sebagai Penyebab Naiknya Tagihan Listrik Pelanggan

"Jika batal dibuka nantinya, kami akan buka rest area yang di depan sehingga nantinya ada perputaran ekonomi di sana," tandasnya.(*)

Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved