Corona di Bali

Kasus Positif Covid-19 di Badung Naik, Suiasa Sebut Telah Lakukan Rapid Tes Massal di 4 Desa Ini

Beberapa hari terakhir kasus pasien positif Covid-19 dari transmisi lokal di Kabupaten Badung, Bali meningkat.

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Wabup Badung Suiasa usai memberikan bantuan paket sembako pada pemangku di lima desa adat di kecamatan Kuta. 

 
Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Beberapa hari terakhir kasus pasien positif Covid-19 dari transmisi lokal di Kabupaten Badung, Bali meningkat.

Menanggapi hal itu, Pemkab Badung cepat melakukan tindakan dengan melakukan rapid tes massal.

“Adanya seruan dari Gugus Tugas Provinsi untuk rapid tes massal kami tidak menunggu itu lagi.

Jadi begitu kami tahu malamnya itu banyak kasus positif dari transmisi lokal, besoknya langsung kita lakukan rapid tes massal itu ada 150 orang kita tes,” ungkap Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Sabtu (20/6/2020).

Dan hari ini sampai besok kita totalitas lakukan rapid tes massal di empat wilayah  yakni Desa Ayunan, Jagapati, Dalung dan Tibubeneng.

“Kita besok selesai (rapid tes massal di 4 desa itu). Sekelompok masyarakat di desa itu ada yang 300-an orang, ada yang 400-an orang, ada yang 200-an orang tergantung cakupan wilayah dan sebaran itu. Begitu malamnya kita ketahui besoknya kita sudah lakukan rapid tes,” imbuh Wabup Suiasa.

Diberitakan sebelumnya, menyikapi adanya transmisi lokal meningkat, Sekda Provinsi Bali Made Dewa Indra menegaskan pihaknya akan melaksanakan rapid test secara massal dan masif.

“Terutama di klaster-klaster baru tempat transmisi lokal yang semakin banyak ditemukan akhir-akhir ini,” jelas Dewa Indra yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali itu.

Menurutnya, pelaksanaan rapid test secara massal dan masif adalah salah satu cara penanggulangan Covid-19 yang dipandang cukup efektif.

Hal itu dikarenakan bisa mendeteksi para penderita secara dini sehingga bisa segera ditangani.

“Secara prosedur hal ini tentu dibenarkan pemerintah pusat, karena akan semakin banyak masyarakat yang terpapar virus Corona diketahui dan segera mendapat penanganan yang benar,” jelasnya.

Di samping itu, memperbanyak tes juga akan mempercepat berakhirnya pandemi dan hal ini tentu saja akan menemukan semua masyarakat yang terpapar Covid-19.

“Rapid test massal akan segera mengakhiri pandemi ini dengan menangani semua masyarakat terpapar,” kata mantan Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali itu.

Hal ini, tuturnya, juga merupakan upaya pemerintah mempercepat kembalinya kehidupan normal dan menggerakkan ekonomi masyarakat.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved