Corona di Bali

Transmisi Lokal Tinggi, Disperindag Bali Gandeng Satpol PP dan Polri Sidak 3 Pasar di Mengwi Badung

Oleh karena itu, dianggap perlu untuk lebih ketat dalam memberikan sosialisasi penerapan protokol kesehatan, baik bagi pengunjung pasar maupun penjual

Istimewa/Dokumentasi Pemprov Bali
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke tiga pasar di Mengwi, Kabupaten Badung, Sabtu (20/6/2020) pagi. Sidak tersebut Disperindag Bali lakukan bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Bali dan Polsek Mengwi. 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pasar tradisional kini sebagai klaster baru penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Oleh karena itu, dianggap perlu untuk lebih ketat dalam memberikan sosialisasi penerapan protokol kesehatan, baik bagi pengunjung pasar maupun penjual.

 Apalagi pasar sebagai tempat transaksi para pedagang yang berasal dari luar wilayahnya sehingga memiliki peluang besar menyebarkan Covid-19 apabila ada yang tidak menerapkan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker.

Melihat adanya penambahan kasus Covid-19 yang tinggi belakangan ini, terutama disumbangkan oleh transmisi lokal di padar tradisional, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke tiga pasar di Mengwi, Kabupaten Badung, Sabtu (20/6/2020) pagi.

Demi Mendapat Sabu, Pasangan Pecandu Narkoba Ini Tega Jual Bayinya yang Baru Lahir Via Online

Dokter dan Perawat di RSUD Sidoarjo Meninggal Karena Covid-19, Begini Kronologinya

Akademisi IPB: 55,5 Persen Keluarga di Indonesia Pendapatannya Turun Selama Pandemi Corona

Ketiga pasar yang disidak yakni Pasar Mengwi, Pasar Blahkiuh dan Pasar Mambal yang dilakukan bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Bali dan Polsek Mengwi.

Kepala Disperindag Provinsi Bali, I Wayan Jarta mengatakan, sidak dilakukan ke pasar tradisional sesuai instruksi dari Gubernur Bali Wayan Koster selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali.

"Hal ini sebagai upaya meminimalisir penularan Covid-19 di tengah interaksi penjual dan pembeli," kata mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali itu.

Pasar Mengwi dipilih sebagai lokasi sidak karena merupakan tempat konvensional yang menyiapkan blok khusus bagi penjual di sebuah bangunan. Meski sudah menyiapkan blok khusus, ada beberapa jenis pedagang yang menjadikan areal sisi pasar sebagai berjualan.

Sebagian besar mereka berasal dari luar wilayah desa dengan menggelar dagangan di bawah dan juga diatas mobil.

Halaman
123
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved