Aliansi Tanam Saja Membagikan 3.500 Bungkus Benih ke Seluruh Bali

Aliansi Tanam Saja membagikan 3.500 bungkus benih dengan variasi yang disesuaikan dengan lokasi dan kondisi tanahnya ke seluruh Bali.

Dok. Aliansi Tanam Saja
Foto penanaman bibit yang dibagikan ke seluruh Bali 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Aliansi Tanam Saja membagikan 3.500 bungkus benih dengan variasi yang disesuaikan dengan lokasi dan kondisi tanahnya ke seluruh Bali.

Sebelumnya aliansi ini juga membagikan benih menggunakan besek yang berisi 4 jenis benih sayuran lokal organik dan 1 jenis bunga.

Dalam paket tersebut sudah termasuk instruksi penggunaan besek, panduan pembibitan individu, panduan pembibitan komunitas, dolomit, dan arang sekam.

Berbeda dengan fase pertama, maka dalam fase kedua ini paket tidak hanya dibagikan kepada rumah tangga atau individu, tetapi juga kepada komunitas dan komunitas tani.

4 Arti Mimpi Memberi Makan Burung, Sering Dikaitkan dengan Pertanda Baik

Kapolri Idham Azis Cabut Maklumat Penanganan Covid-19, Dukung Pemerintah Dalam Menerapkan New Normal

Tes Kepribadian: Pilih Satu Kupu-Kupu, Apakah Tujuan Hidupmu Tercapai atau Harus Mengubah Haluan

Lebih dari 20 lembaga dan komunitas yang tergabung di Aliansi Tanam Saja berhasil menggalang 3.500 paket benih yang didistribusikan ke individu, rumah tangga, komunitas serta Kelompok Tani.

Tersebar di Denpasar, Gianyar, Tabanan, Karangasem, Buleleng, dan Badung melalui Solidaritas Pangan Bali, Perpustakaan Jalanan Tabanan, Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Universitas Udayana (Khlorofil, BEM FP Unud, BPM FP Unud, Himagri, Himagrotek, KPFP, Arsitektur Lansekap FP Unud), Yayasan Angel Hearts, Adopt A Family, Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan Celukan Bawang, Komunitas Ibu-Ibu Sumberklampok, Serikat Petani Suka Makmur, Harmoni Parahyangan, Singaraja Menanam, dan Team Action Amed.

Aliansi yang terdiri dari individu dan organisasi yang bercita-cita mendorong masyarakat kembali bertanam untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pangan warga menjadikan gotong royong sebagai semangat dalam kerja-kerjanya, dari proses pengemasan benih, proses distribusi ke kelompok sasaran, hingga pengolahan kebun komunitas dilakukan dengan semangat ini.

Dan pada Jumat (26/6/2020) kemarin, aliansi tanam saja kembali melakukan persiapan lahan dan penanaman serentak yang disiarkan langsung melalui akun facebook, Tanam Saja.

Kegiatan tersebut dilakukan di Denpasar, Tabanan, Gianyar dan Karangasem.

Halaman
123
Penulis: Putu Supartika
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved