Pasca Temuan Sarkofagus di Dusun Insakan Buleleng, Retiasih Mimpi Didatangi Sosok Perempuan Cantik

Sebuah sarkofagus (peti jenazah kuno) ditemukan di perkebunan cengkih, wilayah Dusun Insakan Buleleng

Tribun Bali/Ratu Ayu Astri Desiani
Sarkofagus yang ditemukan Putu Oka Yasa di lahan perkebunan cengkih milik bosnya, di Dusun Insakan, Desa Pedawa, Minggu (28/6/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, BULELENG - Sebuah sarkofagus (peti jenazah kuno) ditemukan di perkebunan cengkih, wilayah Dusun Insakan, Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Karangasem, Bali.

Sarkofagus berukuran sekitar 80x50 centimeter itu sudah dalam kondisi pecah, dan dikeramatkan oleh warga sekitar.

Sarkofagus mulanya ditemukan oleh Putu Oka Yasa (35), saat membuat lubang pupuk kompos di lahan perkebunan cengkih milik Ketut Sukayasa, pada tanggal 11 November 2019 lalu.

Saat itu Oka Yasa mengaku tidak mengetahui jika batu berbentuk palung itu adalah sarkofagus.

Ia justru menduga jika benda tersebut adalah peti berisikan harta karun, sehingga Oka Yasa tanpa sengaja menghancurkan sarkofagus tersebut.

"Saya kira isinya harta karun. Ternyata saat saya pecahkan, tidak ada isinya. Jujur saja, saya awalnya tidak tahu jika benda itu adalah peti jenazah kuno. Tulang belulang juga tidak ada," terangnya saat ditemui Minggu (28/6/2020).

Keesokan harinya, pasca sarkofagus ditemukan, istri Oka Yasa dihantui mimpi buruk.

Sang istri bernama Kadek Retiasih (45), mengaku ditemui sosok perempuan cantik berbaju putih.

Dalam mimpi itu, sosok perempuan tersebut memberikan Kadek Retiasih sebuah batu permata, dan meminta agar sarkofagus itu ditempatkan dengan baik, dan diberi banten setiap hari raya Purnama dan Tilem.

"Setelah mimpi itu, istri saya coba bertanya ke balian. Kata balian, saya salah, karena sudah menghancurkan sarkofagus itu. Setelah itu, kami langsung sembahyang dan minta maaf. Sarkofagusnya langsung saya susun di samping lubang yang awalnya saya gali untuk membuat pupuk kompos itu. Setiap hari raya Purnama-Tilem ngaturin canang, tipat gong dan daksina," jelas Oka Yasa.

Halaman
12
Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved