6 Manfaat Mengajak Anak-anak Berkebun, Mengajarkan Tanggung jawab hingga Menumbuhkan Percaya Diri

Berkebun membantu mengajari anak-anak pentingnya mengelola, sambil memperkuat pemberdayaan dan ketegasan, serta menjadi momen menyenangkan

Pixabay
Ilustrasi - Berkebun 

TRIBUN-BALI.COM - Tanpa kita sadari, anak-anak terus bertumbuh, belajar, dan berkembang setiap hari dalam hidup mereka.

Dan untuk mempelajari keterampilan baru, anak-anak tidak perlu selalu duduk di belakang meja atau di depan layar komputer.

Mendorong anak-anak untuk beraktivitas di luar ruangan, membuat tangan mereka kotor di kebun juga akan membantu mereka mengembangkan keterampilan hidup baru yang berharga.

Lagi pula, apa yang bisa lebih menyenangkan daripada menjadi kotor, menggali tanah, menanam bunga-bunga mereka sendiri, menyiraminya dengan air, dan memerhatikan tanaman-tanaman tumbuh?

Tak Hanya Tingkatkan Suasana Hari, Ternyata Berkebun Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Berkebun bukan hanya menyehatkan, anak-anak dapat belajar keterampilan baru, bersenang-senang, bermain, dan mengembangkan rasa percaya diri dengan menghabiskan waktu di kebun merawat tanaman dan menanam sumber makanan mereka sendiri.

Selain itu, berkebun membantu mengajari anak-anak pentingnya mengelola, sambil memperkuat pemberdayaan dan ketegasan, serta menjadi momen menyenangkan menghabiskan waktu bersama orangtua mereka.

Menurut Colin Campbell-Preston BSc (Hons) Hortic, managing director Capital Gardens, setidaknya ada enam manfaat berkebun untuk anak-anak.

1. Tanggung jawab

Mengajari anak-anak pentingnya tanggung jawab akan membuat mereka siap menghadapi semua aspek kehidupan mereka.

Berkebun adalah cara yang bagus untuk mendorong anak kecil untuk menerima tanggung jawab atas tugas atau proyek tertentu.

Halaman
123
Editor: Kambali
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved