Google Doodle Hari Ini Tampilkan Lukisan Subak, Ini 41 Subak di Denpasar Bali

Google doodle hari ini menampilkan lukisan subak. Tampak seorang petani berteduh di sebuah kubu melihat hamparan sawah, di pojok kanan tampak sebuah

Tribun Bali/Made Prasetia Aryawan
Inilah kawasan Subak Jatiluwih di Tabanan yang ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia (WBD). Prof. Windia mengritik pengelolaan kawasan subak Jatiluwih tak sesuai statusnya sebagai WBD. 

TRIBUN-BALI.COM -  Google doodle hari ini menampilkan lukisan subak.

Tampak seorang petani berteduh di sebuah kubu melihat hamparan sawah, di pojok kanan tampak sebuah tugu dengan kain poleng (putih hitam) dan di sampingnya berdiri sebuah penjor.

Hamparan sawah tampak membentuk huruf bertuliskan Google.

Di atasnya burung-burung beterbangan.

Menurut keterangan di laman Google doodle, Lukisan itu dibuat oleh seniman Tanah Air, Hana Augustine, sebagai bentuk apresiasi Google dalam memperingati salah satu warisan budaya Indonesia, yaitu Subak.

Google Doodle Subak Bali hari ini
Google Doodle Subak Bali hari ini (tangkap layar google.com)

Keiistimewaan Subak Jatiluwih di Tabanan Bali, Warisan Budaya Dunia Hingga Pernah Dikunjungi Obama

Subak merupakan sistem irigasi pertanian dari Bali yang masuk dalam daftar warisan budaya Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) pada tahun 2012 lalu.

Subak tak hanya tecermin dari subur, indah, dan hijaunya lanskap persawahan, tetapi terkait erat dengan budaya dan sistem kepercayaan masyarakat setempat.

Di baliknya ada konsep keharmonisan alam dengan manusia, manusia dengan manusia, dan manusia dengan penciptanya melalui filosofi Tri Hita Karana.

Filosofi ini pun diturunkan dari generasi ke generasi dengan menerapkan sistem subak tradisional sejak awal abad ke-9.

Kanal, terowongan, dan bendungan pun dipercaya masyarakat Bali sebagai sumber perairan untuk mempertahankan sawah yang subur dan tetap hidup selama lebih dari seribu tahun.

Halaman
1234
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved