Jumlah Orang Maskimal 30 di Kolam Suci, Tirta Empul Siapkan SOP Jelang Banyu Pinaruh

Protokol kesehatan tak hanya untuk di pancuran suci, tetapi juga saat masyarakat tiba di parkiran.

Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
Melukat di Pura Tirta Empul 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Pengempon Pura Tirta Empul, Kecamatan Tampaksiring menyiapkan protokol pencegahan Covid-19 untuk pemedek yang akan melukat dan bersembahyang saat Banyu Pinaruh nanti.

Sebelum-sebelumnya, pemandian suci Tirta Empul selalu dipadati umat pada hari-hari tertentu.

Bendesa Adat Manukaya Let, Made Mawiarnata mengatakan, protokol kesehatan tak hanya untuk di pancuran suci, tetapi juga saat masyarakat tiba di parkiran.

Kata dia akan ada pengawasan untuk mengantisipasi kerumuman. Kemudian, saat memasuki madya mandala, mereka akan diberikan kartu sebagai bukti antrean.

"Tak hanya itu, umat juga diarahkan untuk tidak menaruh canang di setiap pancuran suci. Dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19, mereka mengaturkan canang dan bersembahyang di madya mandala sebelum melukat," ujar Mawiarnata, Senin (29/6/2020).

Diketahui, dalam situasi normal, antrean umat di kolam sampai mengular dan berdesakan. Namun dalam situasi pandemi Covid-19, hal tersebut sebisa mungkin akan ditanggulangi.

Jumlah umat yang melukat di pancuran suci juga dibatasi hanya 30 orang sehingga memudahkan pihaknya mengatur jarak.

“Hal ini kami sudah sepakati bersama Polsek Tampaksiring. Apa pun yang kami lakukan, ini semata-mata demi kesehatan masyarakat,” tandasnya.

Kapolsek Tampaksiring, AKP Wayan Sujana mengatakan, selain protokol jaga jarak, pihaknya juga memastikan supaya umat yang melukat tidak berkumur, meludah, dan kencing di dalam kolam. Ia meminta agar masyarakat mematuhi setiap aturan new normal dalam pengelukatan tersebut.

“Kami sudah melakukan gladi resik untuk new normal ini, sehingga saat Banyupinaruh, semuanya sudah siap. Sekarang kuncinya, kita harus mentaati aturan yang berlaku, karena hal ini demi kebaikan kita bersama,” tandasnya. 

Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: I Putu Darmendra
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved