Pengacara Tolak Dakwaan Jaksa Terkait 3 Pimpinan Sunda Empire, Begini Alasannya

Sidang kasus tiga terdakwa pimpinan Sunda Empire memasuki babak baru. Misbahul Huda, pengacara terdakwa Ki Ageng Ranggasasana mengajukan keberatan

KOMPAS.COM/AGIE PERMADI
Tampak layar ponsel dan televisi di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan L.L.R.E Martadinata, Kota Bandung, tengah memperlihatkan tiga petinggi Sunda Empire yang berada di Tahanan Polda Jabar. Sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaa tiga terdakwa ini dilakukan secara virtual, Kamis (18/6/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, BANDUNG - Sidang kasus tiga terdakwa pimpinan Sunda Empire memasuki babak baru. 

Misbahul Huda, pengacara terdakwa Ki Ageng Rangga Sasana mengajukan keberatan dengan surat dakwaan jaksa penuntut umum terhadap tiga terdakwa Sunda Empire.

Eksepsi tersebut dibacakan pihak pengacara di Pengadilan (PN) Bandung, Jawa Barat, Selasa (30/6/2020). 

"Menurut kami ada beberapa hal yang perlu ditanggapi secara saksama, mengingat di dalam surat dakwaan tersebut terdapat berbagai kejanggalan dan ketidakjelasan yang menyebabkan kami mengajukan keberatan," kata Huda.

Alasan keberatan itu lantaran di dalam surat dakwaan, JPU menerangkan bahwa terdakwa Ki Ageng Ranggasasana menyampaikan materi di dalam acara pertemuan dengan pejabat atau pengurus Sunda Empire dari berbagai daerah.

Dengan perbuatan itu, terdakwa dinilai telah melanggar Pasal 14 ayat 1 jo Pasal 55 ayat ke-1 KUHP.

Kemudian Pasal 14 ayat 2 jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP dan Pasal 15 jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Huda menyebut bahwa pasal tersebut menjerat siapapun yang menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong atau tidak pasti, atau tidak lengkap.

Menurut Huda, pasal tersebut tidak tepat diterapkan kepada kliennya.

Sebab, peran terdakwa Ki Ageng Ranggasasana yang dijelaskan dalam surat dakwaan hanya memberikan materi di lingkup internal pejabat atau pengurus Sunda Empire dari berbagai daerah.

Halaman
12
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved