Breaking News:

Sponsored Content

ITB STIKOM Bali Gandeng PHDI & MGPSSR Gelar Shanti Puja Samgraha Libatkan 2.500 Pendeta & Umat Hindu

ITB STIKOM Bali bekerjasama dengan PHDI dan MGPSSR menggelar Shanti Puja Samgraha

Tribun Bali/I Putu Supartika
Pelaksanaan Shanti Puja Samgraha di Kampus ITB STIKOM Bali, Denpasar, Bali, Kamis (2/7/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Segala upaya telah dilakukan oleh semua pihak untuk meminimalisir agar masyarakat terhindar dari dampak Covid-19 ini.

Salah satunya dilakukan oleh ITB STIKOM Bali bekerjasama dengan Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat dan PHDI Bali serta Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) dengan menggelar Shanti Puja Samgraha.

Acara ini direncanakan melibatkan 1.188 pendeta, pinandita dan pemangku se-Nusantara dan dilaksanakan pada Kamis (2/7/2020) pukul 10.00 Wita.

Namun banyak masyarakat yang antusias terlibat sehingga menjadi 2.500 orang.

"Kita sebagai anak bangsa tidak boleh menyerah dengan ujian pandemi Covid-19. Kita harus terus berpupaya hingga rasa aman, tenteram, dan kedamaian terwujud. Oleh sebab itu, setiap orang secara sendiri-sendiri dan secara bersama-sama berupaya apapun yang dapat dilaksanakan untuk keluar dari rasa takut tersebut. Karenanya kami menggelar Shanti Puja Samgraha dengan melibatkan 1.188 pendeta, pinandita dan pemangku seluruh Indonesia secara serentak," kata Pembina Yayasasan Widya Dharma Shanti-induk ITB STIKOM Bali, Prof Dr I Made Bandem, MA.

Pelaksanaan upacara ini dilakukan secara live melalui aplikasi zoom.

Menurut Prof Bandem, kegitan ini juga dalam rangka partisipasi ITB STIKOM Bali menyambut upacara di Pura Besakih dan menyambut new normal.

Pihaknya mengatakan angka 1.188 mengandung nilai matematika mistis Hindu yang berhubungan dengan Dewata Nawasangga yang menguasai seluruh penjuru mata angin.

Puja Bersama ini bertujuan menyucikan dan memurnikan bumi dari efek vibrasi negatif, baik dari hal yang bersifat sakala dan niskala melalui alunan suara genta dibunyikan oleh 88 pandita Shiwa dan pandita Budha serta diriingi oleh 1.100 suara genta yang dibunyikan oleh para pemangku atau pinandita di seluruh Nusantara.

Halaman
12
Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved