Breaking News:

Corona di Bali

Pelukatan Banyu Pinaruh di Tirta Pecampuhan Sala Bangli Terapkan Protokol Kesehatan

Rangkaian yadnya banyu pinaruh di Tirta Pecampuhan tetap berjalan dengan memperhatikan protokol kesehatan

Dok Bangli
Melukat - Pemedek ketika melukat di Tirta Pecampuhan Sala, Bangli, Bali, Minggu (5/7/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Sehari pasca hari Saraswati, umat Hindu di Bali melaksanakan prosesi banyu pinaruh di sejumlah tempat pelukatan.

Di Bangli, salah satu tempat pelukatan yang kerap menjadi tujuan pelaksanaan banyu pinaruh yakni Pura Taman Pecampuhan.

Kendati belum dibuka secara resmi oleh Pemerintah Provinsi Bali, tempat pelukatan di Banjar Sala, Desa Abuan, Susut itu, ramai dikunjungi sejumlah warga lokal untuk melaksanakan pelukatan.

Bendesa Adat Sala I Ketut Kayana menjelaskan, sejatinya banyu pinaruh bisa dilaksanakan di rumah masing-masing, atau di tempat-tempat pelukatan, baik di danau ataupun sumber mata air (kelebutan).

Di Tirta Pecampuhan, lanjut Kayana, rangkaian yadnya banyu pinaruh tetap berjalan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Seperti menjaga jarak, cuci tangan, penggunaan masker, dan sebagainya.

“Jadi dalam perjalanan menuju tempat pelukatan, para pemedek tetap wajib mengenakan masker. Pemedek baru melepas maskernya saat melukat, namun tetap wajib semaksimal mungkin menjaga diri dengan protokol kesehatan,” jelasnya, Minggu (5/7/2020).

Kayana menegaskan, status Tirta Pecampuan hingga kini belum dibuka.

Kendati demikian, pihak pengelola tetap berada di areal pelukatan untuk memantau krama atau pemedek yang hendak melukat.

“Bagi pemedek yang datang dari jauh, entah dari wilayah mana, kapan mereka datang, dan berapa jumlahnya, kami tidak tahu mengenai itu. Seandainya ada pemedek dari luar Sala yang sudah terlanjur sampai ke sini, kami juga tidak etis jika meminta yang bersangkutan pulang. Kami hanya meyarankan agar mereka tetap menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved