China Punya Gunung Api Besar Berusia 140 Juta Tahun di Bawah Hong Kong

China memiliki gunung berapi besar berusia 140 juta tahun yang bersembunyi di bawah Hong Kong

Editor: Irma Budiarti
Pixabay dari Intisari-Online.com
Ilustrasi Hong Kong. 

TRIBUN-BALI.COM - China memiliki supervolcano berusia 140 juta tahun yang bersembunyi di bawah Hong Kong.

Para ilmuwan mengatakan letusannya yang keras dapat membantu membentuk geologi di wilayah tersebut.

Supervolcano adalah gunung berapi besar yang memiliki erupsi dengan Volcanic Explosivity Index (VEI) 8, nilai terbesar yang tercatat pada indeks.

Ini berarti volume simpanan untuk letusan itu lebih besar dari 1.000 kilometer kubik, kekuatan yang cukup untuk menghancurkan seluruh kota dan menyebabkan bencana global dari efek yang ditimbulkannya, seperti musim dingin nuklir.

Struktur  Hong Kong didominasi oleh batuan beku, termasuk batuan granit dan batuan vulkanik, yang terbentuk selama periode letusan gunung berapi besar di era Mesozoikum.

Melansir Express.co.uk, Minggu (5/7/2020), para peneliti mengatakan asal mula kota dapat ditelusuri kembali menurut lava dan abu yang tertinggal setelah letusan gunung berapi besar 140 juta tahun yang lalu di daerah tersebut.

Penemuan ini dibuat oleh ahli geologi selama survei harian mereka, sebagaimana mereka menemukan bahwa batuan yang mereka lihat semuanya dapat dihubungkan dengan satu sumber, menjadikan penemuan itu sebagai yang pertama di wilayah tersebut.

Insinyur Teknik Sipil dan Pengembangan Departemen geoteknik Denise Tang Lai-kwan mengatakan, pada tahun 2012 benar untuk mengatakan bahwa kota utama terletak di gunung berapi yang sangat tua.

"Meskipun sebagian besar sisa terpendam, granit di Kowloon dan pilar-pilar batu di Kepulauan Ninepin dapat ditelusuri kembali ke sumber yang satu ini."

Rekannya, Dr Roderick Sewell mengingat saat dia menyadari bahwa dia sedang melakukan sesuatu yang besar - penjelasan untuk lanskap kota yang unik.

“Momen 'ah-ha' bagi saya adalah menyadari bahwa segala sesuatu menunjuk pada satu sumber - sebuah gunung api super - satu sistem yang dapat melestarikan semua fitur geologis unik Hong Kong.

“Kami melihat sesuatu yang jauh lebih besar dari apa yang kami pikirkan.

“Hanya ada sekitar 50 gunung api super dalam sejarah umat manusia. Kami menduga akan ada lebih banyak yang akan ditambahkan ke daftar setelah penemuan kami."

Tim kemudian memetakan seluruh sistemnya, berjalan dari Sai Kung timur ke Kowloon dan Pulau Hong Kong sendiri, dibentuk oleh lava dan abu yang tertinggal dan menamakannya 'Pulau Supervolcano Tinggi' setelah Pulau Sai Kung, yang menandai puncak gunung berapi tepi.

Halaman
12
Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved