Breaking News:

Merchant QRIS Naik 200 Persen, Wisata Pantai Pandawa Digitalisasi 

Bank Indonesia bersama perbankan, meresmikan penerapan tatanan kehidupan era baru dan digitalisasi kawasan wisata Pantai Pandawa Berbasis QRIS

ist
Suasana Digitalisasi Pantai Pandawa bersama Gubernur Bali perbankan dan Bank Indonesia. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Bank Indonesia bersama perbankan, meresmikan penerapan tatanan kehidupan era baru dan digitalisasi kawasan wisata Pantai Pandawa Berbasis QRIS.

Ini sebagai agenda kedua dari rangkaian kegiatan “Road To Penerapan Tatanan Kehidupan Era Baru Di Provinsi Bali” yang telah dibuka pada Kamis lalu, oleh Gubernur Bali dengan touring bersama Wakil Gubernur dan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) ke 4 kota/kabupaten di Provinsi Bali.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, mengapresiasi pemerintah yang mendukung digitalisasi di Bali. "Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bank Mandiri, dan pengelola Pantai Pandawa yang telah mempersiapkan acara ini serta seluruh pihak yang berkontribusi," katanya dalam siaran pers yang diterima Tribun Bali, Senin (13/7/2020). 

Pantai Pandawa dipilih sebagai perwakilan objek wisata, yang dikelola oleh Desa Adat dan siap menerapkan protokol tata kehidupan era baru sesuai SE Gubernur Bali No. 3355 Tahun 2020 tentang Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru.

Lanjutnya, dalam tatanan kehidupan era baru, digitalisasi merupakan suatu keniscayaan dan wajib diimplementasikan di semua bidang kehidupan termasuk sektor pariwisata yang saat ini menjadi tulang punggung perekonomian Bali. 

"Dalam mendukung digitalisasi, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Bank Indonesia, menjadi salah satu solusi alat pembayaran digital yang cepat, mudah, murah, dan aman serta dapat diaplikasikan di semua sektor dengan skala usaha mikro hingga besar," kata Trisno. 

Selain itu, QRIS sebagai instrumen pembayaran juga menjadi solusi membangkitkan sektor pariwisata dalam tatanan kehidupan era baru karena mendukung faktor clean, health, dan safety yang meminimalkan kontak fisik dalam bertransaksi. 

Mendukung tatanan kehidupan era baru, Bank Indonesia terus berupaya mendorong akselerasi transaksi non tunai terutama yang bersifat contactless seperti QRIS. Hingga saat ini telah terdapat 16 Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), yang dapat memproses penerbitan izin QRIS di wilayah Bali dari 38 PJSP yang ada secara nasional. 

"Dimana per 3 Juli 2020, jumlah merchant QRIS di wilayah Bali telah mencapai 101.200 merchant atau meningkat sebesar 297 persen, dibandingkan posisi 31 Desember 2019," sebutnya. Selain itu, selama pendemi Covid-19, yaitu sejak 6 Maret hingga 3 Juli ini, penambahan jumlah merchant QRIS di Bali meningkat hingga 53 persen. 

Dari angka tersebut, sebaran terbesar kedua berada di Kabupaten Badung yakni sebanyak 27.675 atau 27 persen dari total merchant QRIS di Bali. "Kami yakin ke depan merchant yang akan bergabung akan terus meningkat dan siap untuk bertrasnformasi secara digital," imbuhnya.

Dengan upaya dan kerjasama yang dilakukan bersama-sama dengan Pemerintah Daerah, Bank Mandiri serta Pengelola DTW, kini DTW Pantai Pandawa telah siap menjadi Kawasan Wisata Berbasis Digital yang sesuai dengan protokol tatanan kehidupan Bali era Baru. 

"Harapannya, digitalisasi Pantai Pandawa ini akan semakin mendorong percepatan dan perluasan implementasi protokol tatanan kehidupan Bali era Baru termasuk akselerasi penggunaan QRIS di kawasan wisata lainnya khususnya di Kabupaten Badung," imbuhnya. (ask)

Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved