Breaking News:

Corona di Indonesia

Dinamakan Hosiro-Usiro, Robot Buatan 3 Mahasiswa ITS Surabaya untuk Bantu Penanganan Covid-19

Mereka adalah Oktaviansyah Purwo Bramastyo, Sulaiman Ali, dan Putri Norma Aprilia yang menggagas ide robot bernama Hosiro-Usiro.

Istimewa
Putri Norma saat menunjukkan desain robot Hosiro-Usiro buatan timnya. 

TRIBUN-BALI.COM - Aktivitas akademik yang dilaksanakan secara daring di perguruan tinggi tak membuat mahasiswa Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya berhenti untuk berinovasi.

Bahkan tiga mahasiswa Departemen Teknik Sistem dan Industri, Departemen Teknik Biomedik, dan Departemen Teknik Fisika berhasil meraih juara pertama ajang LAI2-Covid 19.

Yaitu kompetisi Aplikasi Inovasi Robot yang diikuti partisipan di seluruh Indonesia.

Mereka adalah Oktaviansyah Purwo Bramastyo, Sulaiman Ali, dan Putri Norma Aprilia yang menggagas ide robot bernama Hosiro-Usiro.

Australia Keluarkan Deklarasi Resmi Tolak Klaim Beijing atas Laut China Selatan

43 Penduduk Non Permanen Terjaring Razia di Kelurahan Sumerta Denpasar

Tata Cara Salat Idul Adha, Simak Panduan Salat Id di Tengah Pandemi Covid-19 dari Kemenag

Inovasi baru berupa robot ini diawali dari keinginan mereka untuk ikut turut sumbangsih dalam penanganan pandemi Covid-19 ini.

“Kami ingin menciptakan produk yang bermanfaat bagi orang lain dan tenaga medis lewat hobi kami di dunia robotika,” ungkap Oktaviansyah Purwo Bramastyo yang juga ketua tim.

Mahasiswa yang akrab disapa Vian ini mengungkapkan bahwa rancangan robot Hosiro-Usiro ini berangkat dari keresahan tim atas upaya pencegahan penularan Covid-19 yang sangat dibutuhkan, mengingat virus tersebut memiliki kemampuan bertransmisi antar manusia dengan mudah.

“Apalagi tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan Covid-19 sangat berpotensi besar untuk tertular,” ucapnya.

Selain itu, menurut Vian, pasien terdampak Covid-19 yang melakukan isolasi baik di rumah sakit maupun di rumah dapat merasakan tekanan sosial dan ketidaknyamanan fisik.

Untuk itu, ia dan tim merancang inovasi yang dapat mengurangi interaksi langsung antara pasien Covid-19 dengan tenaga medis.

Halaman
1234
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved