Breaking News:

Mengenal i-Car, Mobil Listrik Canggih Buatan ITS yang Libatkan Puluhan Ahli Dalam Pembuatannya

Ketua Konsorsium Riset i-Car, Endroyono mengungkapkan mobil pintar ini berhasil direalisasikan melalui kerja sama 10 judul penelitian para ahli di ITS

Istimewa
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini bersama Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng langsung melakukan uji coba i-Car mengelilingi lapangan Taman Alumni ITS. 

TRIBUN-BALI.COM - Mobil listrik pintar yang diberi nama Intelligent Car (i-Car) buatan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya melibatkan lebih dari 30 tenaga ahli baik profesor, doktor, maupun master di bidang kompetensi masing-masing serta mahasiswa.

Ketua Konsorsium Riset i-Car, Endroyono mengungkapkan mobil pintar ini berhasil direalisasikan melalui kerja sama 10 judul penelitian para ahli di ITS.

Lelaki berkacamata ini juga menambahkan, satu judul penelitian mengenai panel surya yang juga turut bergabung demi terealisasikannya mobil pintar ini.

“Proses pengerjaan i-Car ini berlangsung selama enam bulan sejak terkumpulnya para peneliti di ITS dan membutuhkan tiga bulan untuk produksi i-Car ini sendiri,” ujar Endroyono yang juga Kepala Kawasan Saintek ICT dan Robotika ITS.

Satgas Gotong Royong Covid-19 Kelurahan Panjer Sosialisasi Prokes ke Pasar Nyanggelan Setiap Pagi

Ramalan Zodiak 19 Agustus 2020, Libra Memiliki Pengalaman Baik, Hari yang Sibuk Menanti Gemini

Inter Milan Vs Shakhtar, Lukaku-Lautaro Masing-masing 2 Gol, Inter Milan Lolos ke Final Liga Europa

Menurutnya, i-Car merupakan bukti bahwa koordinasi dan kolaborasi antar peneliti amatlah penting demi terciptanya teknologi yang bermanfaat bagi semua.

Target sinergi serta kolaborasi antarpeneliti tersebut turut mendapat dukungan penuh dari Menristek/Kepala BRIN.

Meski begitu, teknologi i-Car ini masih memasuki uji coba tahap pertama yang mana masih perlu terus dikembangkan dari segi keamanan dan akurasinya.

Sehingga, ke depannya mobil maupun motor listrik dapat menjadi bagian dalam hidup kita tanpa mengganggu ritme kehidupan yang diinginkan masyarakat.

"Sehingga diharapkan dapat mengurangi emisi dan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM)," tuturnya.

Mobil ini sekaligus menjadi kado spesial Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang di soft launching bertepatan dengan HUT RI ke-75, Senin (17/8/2020), di Taman Alumni ITS.

Halaman
1234
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved