Breaking News:

Desa Adat Sanggulan Tabanan Gelar Karya Ngerapuh, Mecaru, dan Melaspas di LC Sanggulan

Desa Adat Sanggulan bersama Panitia LC Sanggulan menggelar Karya Ngerapuh, Mecaru, dan Melaspas jalan di areal LC Sanggulan

Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Proses karya pemelaspasan di LC Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan, Rabu (2/9/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Desa Adat Sanggulan bersama Panitia LC Sanggulan menggelar Karya Ngerapuh, Mecaru, dan Melaspas jalan di areal LC Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan, Bali, Rabu (2/9/2020), atau tepat pada rahina Purnama.

Tujuannya adalah mengucap syukur dan meresmikan secara niskala atas berjalannya LC Sanggulan serta jalan yang baru sudah selesai.

Salah satu pemilik tanah yang juga panitia karya, Wayan Doye mengatakan, kegiatan karya ini digelar sebagai rasa syukur atas berjalannya LC Sanggulan yang sudah mangkrak selama kurang lebih 34 tahun.

Selain itu, juga melakukan pemelaspasan jalan baru untuk di wilayah LC ini.

"Kami selaku pemilik dan panitia mengucapkan terima kasih atas berjalannya LC Sanggulan ini dan sudah difasilitasi jalan baru. Sehingga desa adat beserta panitia hari ini menggelar karya Ngerapuh, Mecaru, dan Melaspas jalan di areal LC Sanggulan ini," jelas Doye usai upacara, Rabu (2/9/2020).

Bendesa Adat Sanggulan, I Ketut Suranada menambahkan, setelah adanya penataan LC Sanggulan ini, pihaknya akan melakukan pengelolaan kembali dengan tetap sebagai lahan pertanian saat ini.

Namun ke depannya akan diserahkan ke pemilik tanah masing-masing.

Pihaknya juga menyatakan sangat bersyukur LC Sanggulan akhirnya terealisasi setelah 34 tahun mangkrak.

Sehingga sebagai wujud syukur tersebut sudah melaksanakan karya dan berjalan dengan lancar.

"Saat ini kemungkinan masih untuk pengelolaan lahan pertanian dan perkebunan. Namun, untuk beberapa tahun kemudian tergantung pemilik tanah masing-masing. Artinya kami serahkan ke masing-masing, akan dimanfaatkan untuk apa saja dengan catatan kami  akan tetap mengontrol dan memantau sesuai kewenangan di desa adat sebagai penanggung jawab," jelasnya.

Ketua Tim LC BPN Tabanan yang juga Kasi Penataan Pertanahan BPN Tabanan, I Nyoman Mertayasa menyatakan, kegiatan karya pemelaspasan tersebut sebagai ucapan syukur secara niskala bahwa LC Sanggulan sudah bisa terealisasi.

"Artinya sekarang Skala Niskala sudah berjalan lancar. Dan kami ucapkan terimakasih LC Sanggulan ini sudah bisa terealisasi," katanya.

(*)

Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved