Breaking News:

Gendo Ungkap Proyek Tambang Pasir Laut di Bali Bisa Digunakan untuk Persiapan Reklamasi

Selain upaya untuk melakukan pemutihan terhadap pelanggaran tata ruang, proyek Tambang Pasir Laut di Perairan Bali Selatan

Tribun Bali/I Wayan Erwin Widyaswara
Aksi damai menolak tambang pasir laut dari Ranperda tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) Provinsi Bali, Sabtu (12/9/2020) sore ini. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Selain upaya untuk melakukan pemutihan terhadap pelanggaran tata ruang, proyek Tambang Pasir Laut di Perairan Bali Selatan juga diduga untuk mempersiapkan sejumlah agenda proyek reklamasi di Bali Selatan. 

Hal ini diungkapkan Koordinator Umum Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi Teluk Benoa (ForBali) I Wayan 'Gendo' Suardana saat melakukan orasi dalam aksi damai di depan kantor Gubernur Bali, Sabtu (12/9/2020).

"Tambang pasir laut sangat berhubungan dengan reklamasi. Berkaca dari pengalaman di luar, proyek tambang pasir laut di Banten digunakan untuk mereklamasi Teluk Jakarta, dan proyek tambang pasir laut di Takalar digunakan untuk mereklamasi Teluk Makassar," ungkap Wayan Gendo yang juga selaku dewan Penasihat Wahana Lingkungan Hidup (Wahli) Bali itu. 

Aksi damai untuk menghapus proyek tambang pasir laut dalam Ranperda tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) Provinsi Bali itu diikuti oleh puluhan orang yang terdiri dari Frontier Bali, dan elemen masyarakat Kuta, Seminyak, dan Beraban Tabanan.

Mereka kumpul di parkir Timur Lapangan Niti Mandala Renon, dan melakukan long march menuju depan Kantor Gubernur Bali.

 
Di depan kantor Gubernur, sejumlah perwakilan elemen masyarakat melakukan orasi. Terakhir yang orasi adalah Gendo Suardana.

Gendo dalam orasinya mengatakan, Kawasan perairan Teluk Benoa yang dulunya mau direklamasi, untuk di Ranperda RZWP3K Bali itu masih dialokasikan sebagai kawasan konservasi maritim.

"Artinya kawasan itu masih aman," kata Gendo

 
Namun demikian, dalam Ranperda RZWP3K Bali yang sudah masuk tahap final saat ini, Gendo mengatakan memang ada beberapa project-project reklamasi, baik reklamasi Pelabuhan Benoa, atau reklamasi Bandara Ngurah Rai yang terus diperluas.

Halaman
1234
Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved