Breaking News:

Corona di Bali

Keterisian Bed Bagi Pasien Covid-19 di RS PTN Unud Capai 97 Persen, Dirut : Tinggal 3 yang Kosong

Pasien Covid-19 dengan gejala ringan bisa dirawat di RS rujukan lain sementara yang memiliki gejala berat dirawat di RSUP Sanglah.

TRIBUN BALI
Suasana RS Unud yang dioperasikan untuk penanganan khusus Covid-19, Selasa (7/4/2020). 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Kondisi keterisian ruang dan tempat tidur pasien Covid-19 di RS PTN Unud per siang ini mencapai 90 persen lebih dari sebelumnya hanya sekitar 80 persen.

“Di sini tidak jauh berbeda juga dengan RS rujukan lainnya kita 90 persen ke atas Bed Occupancy Rate (BOR) nya. Kemarin itu ada 25 tempat tidur yang kosong cuma lalu masuk 20 pasien, malamnya masuk 3 pasien lagi. Ada yang keluar (sembuh) ada juga yang masuk dan sementara ini seimbang,” ujar Dirut RS PTN Unud Dr. dr Dewa Putu Gede Purwa Samatra, saat ditemui tribunbali.com, Senin (14/9/2020).

Ia berharap mudah-mudahan yang masuk  (pasien) dan keluar (pasien sembuh) seimbang, karena yang masuk ke sini dengan gejala sedang. 

Pasien Covid-19 dengan gejala ringan bisa dirawat di RS rujukan lain sementara yang memiliki gejala berat dirawat di RSUP Sanglah.

Peningkatan pasien Covid-19 di RS PTN Unud mulai terjadi akhir-akhir bulan Juli hingga Agustus lalu.

Ia menyampaikan untuk RS PTN Unud menambah bed atau tempat tidur agak sulit.

“Kita punya gedung 6 belum dipakai, dua lantai kosong bisa untuk 28 tempat tidur. Cuma masalahnya ada ruangan saja tempat tidur dan perlengkapannya tidak ada. SDM kita juga tidak ada (kalau tambah bed). Kita RS Negeri dari Pemerintah kan harus ada perencanaan, mudah-mudahan tidak sampai menambah itu,” imbuhnya.

“Tinggal tiga bed yang kosong sekarang. Mudah-mudahan ada yang pulang nanti sehingga nanti sore atau malam ada yang masuk dapat tempat,” sambung dr. Purwa.

Dengan tingginya pasien di RS PTN saat ini pihaknya membuat 4 shift kepada tenaga kesehatannya agar tidak terlalu kelelahan, tiap 6 jam sudah berganti shift.

Ketersediaan BOR di RS PTN hanya 88 bed kini terisi 85 bed dan yang kosong terdapat 3 bed.

Halaman
123
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved