Breaking News:

Umanis Galungan, Trash Hero Bersihkan Sampah di Pantai Saba dan Pantai Pering Gianyar

Komunitas pecinta lingkungan, Trash Hero Saba melakukan aksi kegiatan bersih-bersih pantai dari sampah plastik

Istimewa
Foto: Trash Hero Saba membersihkan sampah plastik di kawasan Pantai Saba dan Pantai Pering, Blahatuh, Gianyar, Kamis (17/9/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR – Komunitas pecinta lingkungan, Trash Hero Saba melakukan aksi kegiatan bersih-bersih pantai dari sampah plastik, Kamis (17/9/2020).

Kegiatan berlangsung di dua lokasi, yakni Pantai Saba dan Pantai Pering yang sama-sama berada di wilayah Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali.

Ketua Trash Hero Indonesia, Wayan Aksara mengatakan, aksi pembersihan di seputaran Pantai Saba dan Pantai Pering merupakan bagian dari edukasi.

Sebab aksi ini dilakukan bertepatan ketika ramainya kunjungan masyarakat ke pantai dalam rangka melukat usai merayakan Hari Suci Galungan.

Ramalan Zodiak 18 September 2020: Aries Menyendiri, Leo Kacau, Gemini Memuaskan

Pernah Alami Mimpi Tersesat? Perhatikan Baik-Baik Situasi yang Sedang Kamu Hadapi

Di Tengah Keterbatasan, Akseleran Tetap Tumbuh 12,6 Persen

Sebab, kata dia, sumber-sumber sampah yang mengotori kawasan pantai bersumber dari pengunjung pantai, serta dari muara sungai.

Di dua pantai ini, kata dia, terdapat dua sungai yang terkadang membawa tumpukan sampah yang dibuang secara sembarangan oleh masyarakat.

Yakni, Sungai Petani dan Sungai Kutuh.

Kondisi tersebut relatif ironi, lantaran sungai ini, terutama Sungai Petanu dipercaya sebagai salah satu sungai suci di Bali.

Namun karena ulah sejumlah oknum masyarakat, sungai yang harusnya memberikan kesucian justru membawa petaka bagi lingkungan.

“Sampah ini sebagian besar dari pegunjung dan kiriman dari muara sungai Petanu dan juga sungai Kutuh. Namun bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, volume sampah kali ini relatif lebih sedikit. Semoga ini pertanda meningkatnya kesadaran masyarakat,” ujar Aksara yang mengkoordinir lebih dari 65 komunitas Trash Hero di seluruh Indonesia tersebut.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved