Breaking News:

Dukung UMKM, Akseleran Salurkan Pinjaman Usaha dari Pegadaian Senilai Rp 300 Miliar

Akseleran akan menghubungkan para pelaku usaha (UMKM) sebagai peminjam (borrower) dengan Pegadaian sebagai Institutional Lender Akseleran yang akan

istimewa
Tim penyelenggara layanan teknologi keuangan (fintech) berbasis Peer to Peer (P2P) Lending Akseleran 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Untuk mempercepat pertumbuhan inklusi keuangan di Indonesia, penyelenggara layanan teknologi keuangan (fintech) berbasis Peer to Peer (P2P) Lending Akseleran terus meningkatkan kolaborasi sinergisnya dengan lembaga keuangan lain dan yang terbaru adalah menjalin kerja sama penyaluran pinjaman usaha skema channelling dengan PT Pegadaian (Persero).

Dalam hal ini, Akseleran akan menghubungkan para pelaku usaha (UMKM) sebagai peminjam (borrower) dengan Pegadaian sebagai Institutional Lender Akseleran yang akan menyalurkan pinjaman usaha produktif sebesar Rp 300 miliar.

Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran, Christopher Gultom mengaku gembira dengan adanya kerja sama antar perusahaan dimana kolaborasi perusahaan fintech P2P Lending melalui Akseleran dan bisnis gadai dari Pegadaian akan memompa laju inklusi keuangan semakin maju lebih cepat.

 Christopher Gultom,  menjelaskan, perjanjian kerja sama dengan Pegadaian sudah berlangsung sejak tanggal 2 November 2020 dan jika tidak ada aral melintang realisasi penyaluran pinjaman dari Pegadaian akan dimulai pada Desember ini.

Baca juga: Pembebasan Lahan Eks Galian C di Klungkung Naik Rp 4 Juta, Jadi Rp 26,5 Juta per Are

Baca juga: Material Longsor Tutupi Badan Jalan Menuju Bukit Abah, BPBD Klungkung Lakukan Pembersihan

Baca juga: Pemilik Pasrah, Rumah yang Sudah Deal Dibeli Rp 1,5 Miliar Malah Hangus Terbakar 

"Akseleran akan menyalurkan pinjaman usaha produktif dari Pegadaian kepada para pelaku usaha (borrower, red) yang beragunan invoice financing yang ada di Akseleran.

Hadirnya Pegadaian tentu tidak hanya menambah jumlah Institutional Lender Akseleran yang sekarang sudah mencapai lebih dari 10 institusi tetapi juga semakin melengkapi mitra kami yang berasal dari perbankan maupun lembaga jasa keuangan lainnya yang semuanya telah berkontribusi sebesar 20 persen dari portofolio total penyaluran pinjaman usaha Akseleran,” kata Christopher Gultom.

Hingga akhir November ini, Christopher Gultom,  menjelaskan, Akseleran berhasil menyalurkan total pinjaman usaha produktif secara kumulatif sebesar Rp 1,7 triliun lebih kepada sekitar 2.500 pinjaman dan juga didukung oleh lebih dari 150 ribu pemberi pinjaman (lender) yang tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, Christopher  Gultom,  mengungkapkan, pada November 2020 Akseleran kembali mencatat rekor tertingginya dalam menyalurkan pinjaman usaha produktif sejak tiga tahun terakhir, yakni sebesar Rp 120 miliar, atau melanjutkan rekor di Oktober 2020 yang mencapai sebesar Rp 115 miliar.

Ia menyebutkan, selama periode Januari hingga November 2020, penyaluran pinjaman usaha Akseleran berhasil tumbuh hingga 32 persen dibandingkan periode yang sama di 2019.

Halaman
12
Penulis: Karsiani Putri
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved