Breaking News:

WHO Bakal Kunjungi China Segera, Pelajari Asal Usul Virus Corona

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dikabarkan bakal mengunjungi China "sesegera mungkin" untuk mempelajari asal-usul virus corona (Covid-19).

Editor: Widyartha Suryawan
Wartakotalive.com
Ilustrasi tenaga medis menangani pasien Covid-19. 

TRIBUN-BALI.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dikabarkan bakal mengunjungi China "sesegera mungkin" untuk mempelajari asal-usul virus corona (Covid-19).

Demikian diungkapkan oleh Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (8/12/2020).

"Kami merencanakan dan berharap bisa berada di lapangan sesegera mungkin," katanya dalam konferensi pers.

WHO pun sedang menunggu Pemerintah China menyetujui susunan tim internasional yang akan dikirim ke sana untuk menyelidiki asal-usul wabah virus corona.

Sebelumnya juga sempat digelar pertemuan khusus dewan eksekutif organisasi pada Senin (5/10/2020) lalu.

Baca juga: Penjelasan Menkes Terawan Soal Vaksin Covid-19, Ternyata Berbahan Virus SARS-CoV-2 yang Inaktivasi

Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO Mike Ryan menjelaskan telah memilih para ahli dari seluruh dunia untuk misi tersebut, dan sudah diserahkan ke pihak China untuk dipertimbangkan.

“Daftar calon telah diserahkan ke otoritas China untuk dipertimbangkan dan langkah selanjutnya guna mengerahkan tim," ujar Ryan, seperti South China Morning Post, Jumat (9/10/2020).

Pada Mei lalu, WHO mendapatkan tekanan dari berbagai negara anggota untuk menindaklanjuti penelitian bagaimana virus SARS-CoV-2 ini dapat berpindah dari hewan dan menjangkiti manusia.

Kemudian pada Juli, WHO sempat mengatakan para ahli dunia dapat memulai penyelidikannya di Kota Wuhan, Provinsi Hubei yang menjadi pusat wabah pertama ditemukan pada Desember 2019 lalu.

Awal Agustus, dua ahli WHO dilaporkan telah bekerja dengan otoritas kesehatan dan ilmuwan China untuk meletakkan dasar penyelidikan asal-usul tersebut.

Baca juga: BPOM Lakukan Observasi Vaksin Covid-19, Adakah Efek Sampingnya?

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved