Breaking News:

BMKG beri Peringatan Dini 12 Desember 2020, Bali Berpotensi Hujan Petir & Angin Kencang

BMKG beri Peringatan Dini 12 Desember 2020, Bali Berpotensi Hujan Petir & Angin Kencang

Gambar oleh Keli Black dari Pixabay
Foto ilustrasi hujan lebat dan petir 

TRIBUN-BALI.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia.

Informasi peringatan dini cuaca ekstrem ini berlaku untuk besok, Sabtu (12/12/2020).

Melalui laman resmi Bmkg.go.id, BMKG memprediksi 7 wilayah berpotensi hujan petir dan angin kencang yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Besok akan terjadi bibit siklon tropis 96S masih terpantau di Samudera Hindia selatan Nusa Tenggara dengan tekanan 1000 hPa dan kecepatan angin maksimum 30 kt.

Sistem 96S bergerak ke arah tenggara menjauhi wilayah Indonesia dan diprediksi untuk menjadi siklon tropis potensinya rendah.

Sistem ini memberikan dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca di Indonesia berupa hujan dengan intesitas sedang hingga lebat di Sumatera bagian selatan serta di sebagian besar Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

Selain itu, sirkulasi siklonik terpantau di Laut China Selatan serta di Samudera Hindia barat Aceh dan barat Lampung yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di sekitar sirkulasi tersebut.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di daerah konvergensi tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah:

- Aceh

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved