Breaking News:

Bupati Giri Prasta Komitmen Lanjutkan Program untuk Kebahagiaan Masyarakat Badung

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan komitmennya melanjutkan program pro rakyat untuk kebahagiaan masyarakat Badung.

Pemkab Badung
Bupati Giri Prasta Bersama Wabup Suiasa saat acara ramah tamah dengan masyarakat Banjar Temacun dan awak media bertempat di Balai Br. Temacun, Kelurahan Kuta, Sabtu (12/12/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Wakil Bupati I Ketut Suiasa menyampaikan komitmennya melanjutkan program pro rakyat untuk kebahagiaan masyarakat Badung meskipun di tengah pandemi Covid-19.

“Program-program untuk kebahagiaan masyarakat kami pastikan akan tetap berlanjut walaupun di tengah pandemi Covid-19. Walaupun dalam pemilihan kepala daerah kami kembali diberi kepercayaan oleh masyarakat, namun semua itu belumlah apa-apa kalau masyarakat Badung masih ada yang kelaparan atau ada yang menjerit. Belum sejahtera dan bahagia itu berarti, dan keadilan sosial belum berjalan,” kata Bupati Giri Prasta saat acara ramah tamah dengan masyarakat Banjar Temacun dan awak media Sabtu (12/12/2020).

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta mengatakan dalam mempertahankan indeks kebahagiaan masyarakat Badung tolak ukurnya adalah teap terjaminnya kesehatan pendidikan, keamanan dan kenyamanan, kerukunan serta pendapatan per kapita masyarakat.

“Inilah yang akan kami genjot, khususnya pendapatan per kapita masyarakat Badung. Kalau dikatakan turun pasti turun karena pariwisata yang tidak berjalan sehingga ada yang di PHK dan berimbas kepada sektor lainnya,” imbuhnya.

Bupati Giri Prasta mengungkapkan, di masa pandemi ini pendapatan Badung rata-rata Rp 190 miliar per bulan.

Dalam tiga bulan secara kumulatif terkumpul dana Rp 570 miliar ditambah kas daerah Rp 300 miliar sehingga jumlah kas daerah saat ini mencapai Rp 870 miliar.

“Kas daerah ini kami prioritaskan untuk membayar gaji PNS dan tenaga kontrak, membayar santunan kematian, tunjangan penunggu pasien, tunjangan lansia serta biaya upakara Panca Yadnya di masyarakat. Dengan demikian kami pastikan semua program pro rakyat Badung untuk kebahagiaan masyarakat Badung bisa tetap berjalan,” tegas Giri Prasta.

Sedangkan berkaitan dengan penanganan Covid-19 di Badung, Bupati dalam program jangka pendeknya akan melakukan tracing, testing dan treatment.

“Untuk tracing bagaimana menemukan wabah pandemi Covid-19. Testing bila ada masyarakat Badung yang bergejala dan kontak langsung dengan yang positif Covid-19. Dan yang ketiga adalah treatment bilamana ada masyarakat yang tanpa gejala dan bergejala akan dikarantina di rumah singgah. Sedangkan bagi yang positif Covid-19 yang memerlukan perawatan akan langsung dibawa ke Rumah Sakit Mangusada,” katanya seraya menambahkan dalam program jangka pendek ini sudah mengeluarkan Perbup tentang Protokol Kesehatan.

Dalam penerapan pola hidup baru di Badung khususnya dalam menyambut reborn pariwisata, Bupati asal Plaga ini juga menyampaikan bahwa destinasi wisata di Badung sudah siap menyambut wisatawan dengan memberikan jaminan keamanan.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved