Breaking News:

Berita Bali

Bank Indonesia Dukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Hadirkan Showcase Puluhan UMKM 

UMKM merupakan tulang punggung ekonomi bangsa yang perlu diselamatkan agar tetap bertahan dan berhasil melalui masa-masa sulit di tengah pandemi Covid

Istimewa
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho ketika menjelaskan mengenai produk dari salah satu UMKM yang turut serta dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) tahun 2021 pada Senin (11/1/2021) lalu di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) tahun 2021 resmi diluncurkan pada  Senin   (11/1/2021) lalu di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali.

Gerakan yang diluncurkan pertama kali oleh Presiden RI, Joko Widodo, pada 14 Mei 2020 ini bertujuan agar masyarakat Indonesia menghargai, mencintai, dan menggunakan karya anak bangsa, utamanya produk-produk UMKM.

Hal ini mengingat para pelaku UMKM merupakan tulang punggung ekonomi bangsa yang perlu diselamatkan agar tetap bertahan dan berhasil melalui masa-masa sulit di tengah pandemi Covid-19.

Program Gernas Bangga Buatan Indonesia ini menggunakan jalur pemasaran omni channel daring dan luring untuk brand building, promosi penjualan hingga transaksi. 

Sinergi pemasaran ini ditempuh dengan mengoptimalkan marketplace e-commerce, media sosial, gerai ritel seperti di bandara, pusat perbelanjaan di kota-kota utama dalam negeri serta optimalisasi market place, toko ritel produk Indonesia hingga jaringan diaspora dan pekerja migran Indonesia di luar negeri. 

Baca juga: Digelar di 3 Bandara, Cok Ace Hadiri Peluncuran Gerakan Nasional ‘Bangga Buatan Indonesia’

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho menuturkan bahwa kategori produk artisan kebanggan Indonesia merupakan produk terpilih dari seluruh Indonesia yang memenuhi syarat umum seperti, dikurasi, produk mencerminkan karakter khas Indonesia atau daerah serta berkualitas siap ekspor.

Gernas BBI 2021 yang mengambil tema 'Produk Artisan Indonesia 2021 Untuk Kita Indonesia dan Dunia' secara resmi diluncurkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan secara virtual.

"Di lokasi peluncuran terdapat showcase 26 UMKM yang berasal dari UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali, UMKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Buleleng, Badung, dan Gianyar serta UMKM Debitur BCA. Ke-26 produk UMKM tersebut telah dikurasi dimana terpilih 10 produk premium dan 16 produk non premium," kata Trisno Nugroho. 

Adapun UMKM dengan produk premium, yaitu dari kelompok Kriya terdiri dari  Din’zhandmad, WH Bali, Bara Silver, lalu dari kelompok Kuliner terdiri dari Kutus-Kutus, Kue Saje, Ma Ira, dan Kopi Arabika Kintamani.

Halaman
123
Penulis: Karsiani Putri
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved