Breaking News:

Corona di Bali

Isolasi Mandiri Tak Maksimal, Pangdam IX/Udayana : TNI Harus Jadi Ujung Tombak Penanganan Covid-19

Isolasi Mandiri Tak Maksimal, Pro Kontra Vaksin, Pangdam IX/Udayana : TNI Harus Jadi Ujung Tombak Penanganan Covid-19

Dok. Pendam IX/Udayana
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak saat memimpin Rakor melalui Vidcon tentang evaluasi penanganan Covid-19 di wilayah Kodam IX/Udayana, di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar, Bali, Senin 18 Januari 2021 - Isolasi Mandiri Tak Maksimal, Pangdam IX/Udayana : TNI Harus Jadi Ujung Tombak Penanganan Covid-19 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. memastikan penanganan Covid-19 yang dilaksanakan sampai tingkat Koramil berjalan dengan baik dan seksama.

Kebijakan Kodam IX/Udayana tentang penanganan Covid-19 harus tersosialisasi semua sampai tingkat paling bawah.

Bahkan, TNI harus menjadi ujung tombak protokol kesehatan (prokes).

Seperti disampaikan Pangdam IX/Udayana dalam Rapat Koordinasi (Rakor) melalui vidcon tentang evaluasi penanganan Covid-19 di wilayah Kodam IX/Udayana, di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar, Bali, Senin 18 Januari 2021.

Baca juga: Dampak Pandemi Covid-19: Pasar Ponsel Pintar Global Anjlok Hampir 9 Persen pada 2020

Baca juga: Guru Besar ITS Ciptakan i-nose c-19, Alat Pendeteksi Covid-19 Lewat Bau Keringat Ketiak

Baca juga: Update Covid-19 di Bali: Kasus Positif Bertambah 238 Orang, 251 Pasien Sembuh dan 4 Meninggal

"Terkait persoalan masalah Covid-19, agar bisa menjadi ujung tombak, kita harus mengerti betul apa itu Covid-19," tegas Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Para komandan satuan sampai ke tingkat paling bawah wajib mengerti 3M (Memakai Masker, Mencuci tangan dan Menjaga Jarak) dan 3T (Testing, Tracing, Treatment), serta penyakit apa saja yang bisa sangat berbahaya terhadap Covid-19 ini.

"Kita harus tegakkan tentang Covid-19 ini dan kita harus bersama-sama secara berjenjang sampai tingkat bawah untuk meyakinkan anggotanya mengerti betul tentang penanggulangan Covid-19," jelasnya.

Lanjutnya, penyakit Covid-19 tak pandang bulu, sehingga jalan satu-satunya, menurut Pangdam untuk memutus rantai penyebaran virus ini adalah meyakinkan orang-orang melaksanakan protokol kesehatan (prokes) dengan sebaik-baiknya.

"Protokol kesehatan harus dilaksanakan dan bagaimana para orang tua, yang punya penyakit bawaan ataupun bila ada yang sakit supaya menghindari atau jangan dulu bertemu banyak orang," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved