Breaking News:

Berita Bali

89 Lontar Prasi Disuguhkan dalam Pameran Bulan Bahasa Bali 2021

Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Bali menyelenggarakan prasara (pameran) bertajuk “Prasikala Nukilan Taru Mahottama” di Gedung pameran Kriya Hall

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana | Editor: Wema Satya Dinata
Dokumentasi Disbud Bali
Prasara (pameran) bertajuk “Prasikala Nukilan Taru Mahottama” di Gedung pameran Kriya Hall Art Center, Taman Budaya Provinsi Bali. Prasara ini dihadirkan sebagai bagian dari pelaksanaan Bulan Bahasa Bali 2021 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Bali menyelenggarakan prasara (pameran) bertajuk “Prasikala Nukilan Taru Mahottama” di Gedung pameran Kriya Hall Art Center, Taman Budaya Provinsi Bali.

Prasara ini dihadirkan sebagai bagian dari pelaksanaan Bulan Bahasa Bali 2021.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Wayan "Kun" Adnyana mengatakan, prasara yang berlangsung sebulan penuh dari 1 sampai 28 Pebruari 2021) melibatkan seniman dari lintas generasi.

Seniman yang terlibat yakni sebanyak 60 orang dengan menghadirkan 89 karya lontar prasi.

Purnama Kawulu Sebelum Saraswati, Makna dan yang Harus Dilakukan Menurut Lontar

 “Ini merupakan pameran seni prasi terbesar dan terlengkap di Bali," kata Kun Adnyana dalam siaran persnya yang diterima Tribun Bali, Senin 1 Februari 2021.

Menurutnya, pameran ini dilengkapi dengan tayangan video virtual yang disebar melalui media sosial.

 Oleh karena itu, masyarakat dapat menyaksikan pameran ini dengan protokol kesehatan Covid-19 dan melalui media virtual di kanal Youtube DisbudProv Bali.

Kurator pameran, I Wayan Sujana Suklu mengatakan, koleksi Taman Budaya dan Pusat Dokumentasi Lontar Disbud Provinsi Bali juga dihadirkan dalam prasara ini.

 Selain menampilkan lontar prasi yang terus mengalami perkembangan bentuk, tema dan perlakuan medium, juga menghadirkan dua karya instalasi berjudul “Taru Manah” karya Made Ruta dan “Pula Kerti Anyar” karya Made Suparta.

Kedua karya ini menggunakan daun ental sebagai elemen utama.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved