Breaking News:

Berita Bali

Bali Ditarget Menjadi Pulau Eco Enzyme Pertama di Dunia

Bali Ditarget menjadi pulau yang mengimplementasikan  penggunaan eco enzyme (cairan hasil fermentasi limbah organik) pertama di dunia.

istimewa
ujicoba aplikasi penyiraman eco enzyme pada tumpukan sampah di kawasan Tempat pembuangan Akhir (TPA) Suwung Denpasar pada Minggua (21/2) sore 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Bali Ditarget menjadi pulau yang mengimplementasikan  penggunaan eco enzyme (cairan hasil fermentasi limbah organik) pertama di dunia.

Apalagi selama ini, Bali selalu menjadi kiblat dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan.

Harapan tersebut disampaikan Koordinator Komunitas Eco-Enzyme Nusantara Provinsi Bali Jokoryanto saat pembukaan gerakan ujicoba aplikasi penyiraman eco enzyme pada tumpukan sampah di kawasan Tempat pembuangan Akhir (TPA) Suwung Denpasar pada Minggua (21/2) sore.

Gerakan ujicoba aplikasi penyiraman eco enzyme dilaksanakan Komunitas Eco-Enzyme Nusantara Provinsi Bali bekerjasama dengan Magister Sains Pertanian, Universitas Warmadewa dan Pemerintah Provinsi Bali.

Menurut Jokoryanto, gerakan ujicoba aplikasi penyiraman eco enzyme di TPA Suwung merupakan langkah awal dari upaya mewujudkan Bali sebagai Pulau Eco Enzyme.

Baca juga: Hari Peduli Sampah Nasional, Simpatisan Jerinx Gelar Aksi Besih Pantai di Gianyar dan Negara Bali

Baca juga: Tekan Bau Sampah, DLH Buleleng Semprot Ekoenzim di TPA Bengkala

Baca juga: Belajar dari Budaya Lokal Bali, Danone-AQUA Berkomitmen Hadirkan Solusi untuk Isu Sampah Plastik

Penyiraman eco enzyme tidak saja mampu mengurai bahan-bahan kimia yang terkandung dalam tanah, tetapi juga akan membuat tanah menjadi subur.

“Bisa menetralisir air lindi yang ada di dihasilkan oleh sampah Bahkan dia bisa mengurai banyak polutan udara” kata Jokoryanto.

Jokoryanto mengungkapkan langkah pengaplikasian eco enzyme di TPA Suwung juga diharapkan dapat membantu mempercepat proses dekomposisi, sehingga volume sampah dapat dikurangi.

Mengingat sampah yang dihasilkan di Denpasar 70% ada sampah organic.

Ia berharap penggunaan eco enzyme juga dapat dilakukan mulai dari rumah tangga, sehingga sampah yang dibuang ke TPA jumlahnya berkurang.

Bali Ditarget Menjadi Pulau Eco Enzyme Pertama di Dunia
Bali Ditarget Menjadi Pulau Eco Enzyme Pertama di Dunia (istimewa)
Halaman
12
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved