Breaking News:

Berita Klungkung

Kerugian Akibat Bencana Hujan Lebat dan Angin Kencang di Klungkung Capai Rp1,4 Miliar

BPBD Klungkung merampungkan pendataan kerugian yang diakibatkan oleh bencana hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi, Minggu 28 Februari 2021

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Hujan disertai angin kencang yang terjadi Minggu 28 Februari 2021 siang menyebabkan bangunan Bale Pewedaan di Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana di Dusun Pundukdawa, Desa Pesinggahan, Klungkung, Bali roboh. 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - BPBD Klungkung merampungkan pendataan kerugian yang diakibatkan oleh bencana hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi, Minggu 28 Februari 2021 kemarin.

Dari hasil pendataan BPBD Klungkung, bencana tersebut menyebabkan total kerugian materiil mencapai Rp1,4 miliar yang tersebar di 8 titik lokasi. 

"Pendataan ini difokuskan pada peristiwa yang menyebabkan kerugian materiil. Astungkara tidak ada laporan korban jiwa dari bencana kemarin," ujar Kalak BPBD Klungkung I Putu Widiada, Senin 1 Maret 2021.

Baca juga: Bale Piasan di Pura Bukit Galah Desa Dawan Klod Klungkung Bali Roboh Diterjang Angin Kencang

Baca juga: Kondisi TPA Sente Overload, Baru Ada 15 Desa di Klungkung Bali Miliki Tempat Olah Sampah 

Baca juga: Angin Kencang Robohkan Bangunan di Pura Pasek, 2 Pemedek Dilarikan ke RSUD Klungkung

Berdasarkan pendataan BPBD Klungkung, total perkiraan kerugian yang diakibatkan oleh bencana hujan lebat disertai angin kencang itu mencapai Rp1.411.000.000.

Kerugian terbesar terjadi pada robohnya bangunan Bale Pewedaan Pura Pasek di Pundukdawa, Desa Pesinggahan dengan total kerugian mencapai Rp1,3 miliar. 

Sementara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjadikan data BPBD Klungkung tersebut sebagai rujukan, untuk selanjutnya melakukan langkah pasca bencana. 

" BPBD Klungkung sudah saya  ingatkan untuk buatkan data sederhana, terkait dampak bencana kemarin. Saya akan bantu dari operasional untuk musibah rumah yang rusak," ungkap Suwirta. 

Baca juga: Hujan Disertai Angin Kencang, Dahan Pohon Patah Timpa Bangunan SD 2 Sempidi Badung Bali

Baca juga: Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Bertumbangan di 3 Desa Klungkung

Baca juga: Hujan Sehari, Empat Desa di Bangli Bali Dilanda Pohon Tumbang dan Tanah Longsor

Bale Piasan Pundukdawa Roboh

Hujan disertai angin kencang tidak hanya merobohkan Bale Pawedaan di Pura Pasek di Pundukdawa, namun juga merobohkan bangunan Bale Piasan di Pura Bukit Galah Desa Dawan Klod.

Kerugian diperkirakan mencapai lebih dari Rp150 juta. 

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved