Breaking News:

Berita Buleleng

Pakai Skema PPU, Pemkab Buleleng Subsidi Iuran BPJS Kesehatan Pegawai Kontrak

Pemkab Buleleng pada tahun ini akan mulai mensubsidi iuran BPJS Kesehatan untuk pegawai kontrak di lingkup Pemkab Buleleng, dengan skema Pekerja

shutterstock
ilustrasi-Kartu BPJS Kesehatan. Pakai Skema PPU, Pemkab Buleleng Subsidi Iuran BPJS Kesehatan Pegawai Kontrak 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Pemkab Buleleng pada tahun ini akan mulai mensubsidi iuran BPJS Kesehatan untuk pegawai kontrak di lingkup Pemkab Buleleng, dengan skema Pekerja Penerima Upah (PPU)

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Buleleng, Elly Widiani mengatakan,  sebelumnya pegawai kontrak di lingkup Pemkab Buleleng membayar iuran jaminan kesehatannya secara mandiri, atau menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Namun sejak awal 2021 ini, skema tersebut telah diubah.

Dimana, Pemkab Buleleng akan mensubisidi pembayaran iuran jaminan kesehatan para pegawai kontrak sebanyak empat persen dari UMK Buleleng, atau sebesar Rp 101.520, yang diambil dari APBD.

Baca juga: UPDATE: 2 Tersangka Kasus Dugaan Mark-up Explore Buleleng Ajukan Saksi Menguntungkan

Sementara Rp 25.380 atau satu peesen dari UMK, dipotong dari gaji pegawai kontrak itu sendiri.

"Pegawai kontrak itu kan pekerja.

Jadi sejak Januari 2021, kami bersama Pemkab Buleleng sepakat untuk membenahi skema untuk para pegawai kontrak ini, menjadi segmen PPU," ucapnya ditemui Senin 8 Maret 2021. 

Dengan skema baru ini, ada sekitar 3.000 pegawai kontrak di lingkup Pemkab Buleleng yang jaminan kesehatannya dialihkan dari yang sebelumnya peserta mandiri atau PBI, menjadi PPU.

Hanya saja, dalam proses peralihan ini, ada beberapa hambatan yang terjadi.

Dimana, ada sekitar 10 persen pegawai kontrak di Lingkup Pemkab Buleleng yang masih menunggak iuran selama beberapa bulan, saat masih menjadi peserta mandiri.

Halaman
12
Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved