Breaking News:

Daftar Komponen Cadangan di Koramil, Kementerian Pertahanan Akan Rekrut 25 Ribu Orang

Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI menargetkan merekrut anggota komponen cadangan atau komcad hingga 25 ribu orang

KOMPAS.com/ACHMAD NASRUDIN YAHYA
Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak - Daftar Komponen Cadangan di Koramil, Kementerian Pertahanan Akan Rekrut 25 Ribu Orang 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI menargetkan merekrut anggota komponen cadangan atau komcad hingga 25 ribu orang atau setara 35 batalyon.

Rencananya, Kemhan membuka rekrutmen untuk 25 ribu komcad pada tahun 2021 ini.

Juru Bicara Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut dari 35 batalyon itu dipastikan 25 ribu tentara dari komponen cadangan akan membantu Mabes TNI, dengan asumsi setiap batalyon menghasilkan 400 hingga 500 tentara komponen cadangan.

”Komcad targetnya 35 batalyon. Jadi kita harap tahun ini bisa akselerasi bisa sampai 25 ribu Komcad," kata Dahnil saat menjadi pembicara dalam diskusi yang digelar Universitas Muhammadiyah Malang dan ditayangkan secara daring, Jumat 12 Maret 2021.

Baca juga: Kemenhan China Konfirmasi Bentrok Tentara China dan India Tahun Lalu, 4 Tewas dan Berikut Videonya

Baca juga: Kemenhan Akan Rekrut 25.000 Orang untuk Komponen Cadangan, Begini Kata Jubir Menhan Prabowo Subianto

Baca juga: Kemenhan Taiwan Murka & Bantah Tembak Jatuh Jet Tempur Sukhoi Su-35 China, Sebut Info Itu Ngawur

Sementara itu untuk tahun-tahun ke depan pihaknya akan menghitung ulang keperluan tentara cadangan dari setiap matra TNI.

Sebab kata Dahnil, penambahan komponen cadangan ini bergantung pada kebutuhan dari masing-masing matra, yakni dari TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

"Nanti kita akan lihat perhitungan-perhitungan berikutnya karena sangat tergantung kebutuhan masing-masing matra," kata dia.

"Jadi matra angkatan darat, laut, udara mereka butuh apa. Nanti dari setiap kota beda-beda misal di Jateng kita butuh berapa itu nanti yang tentukan dari TNI. Kemhan mempersiapkan nanti TNI yang operasional. Dan semua di bawah kendali mabes TNI," jelasnya.

Dahnil juga menyebut saat ini Kementerian Pertahanan telah mulai melakukan proses sosialisasi terkait program komponen cadangan di beberapa wilayah di Indonesia.

Pihaknya menargetkan dalam beberapa bulan ke depan proses rekruitmen Komponen Cadangan ini bisa segera dibuka.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved